Shopee Ajak Milenial Bikin Konten Kreatif

Shopee Ajak Milenial Bikin Konten Kreatif

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Rabu, 18 Mar 2020 22:06 WIB
Shopee
Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto/detikcom
Jakarta -

Shopee Indonesia menggelar acara talkshow dengan tajuk 'Waktu Indonesia Bikin Konten' untuk mengajak para milenial agar dapat membuat konten-konten kreatif di internet. Dalam acara ini terdapat sharing session dengan narasumber content creator ternama seperti Audrey FF (Gamers), Babe Cabita (Stand Up Comedian), dan DHIARCOM (Tech Reviewer).

Public Relations Lead Shopee Aditya Maulana mengatakan, bahwa penjualan produk elektronik di Shopee sejak Sale 12.12 tahun 2018 hingga 12.12 tahun 2019 terus mengalami peningkatan signifikan hingga 3 kali lipat. Dengan permintaan elektronik yang semakin banyak itu pun Shopee membuat kampanye 4.4 Mega Elektronik Sale bagi para content creator atau anak muda yang ingin membuat konten menggunakan alat elektronik.

"Jadi Shopee juga berusaha untuk membuat pengalaman belanja konsumen jadi lebih sosial, personal, dan interaktif. Kita melihat karena kebutuhan elektronik menjadi salah satu yang favorit dari Shopee, maka kita bikin satu kampanye khusus yang diberi nama 4.4 Mega Elektronik Sale," ujar Aditya, dalam keterangannya, di acara Waktu Indonesia Bikin Konten, Rabu (18/3/2020).

Sementara itu, para narasumber dalam acara tersebut membagikan banyak tips untuk mengembangkan konten yang lebih kreatif mulai dari peralatan yang digunakan, isi dari konten yang akan diangkat, serta memotivasi anak muda bahwa menjadi content creator itu menyenangkan.

DHIARCOM salah satu tech reviewer terkenal yang menjadi narasumber juga membagikan sedikit cerita bagaimana ia memulai kariernya di YouTube. Ia mengungkapkan bahwa sudah mempunyai akun YouTube sejak 2014.

"Saya pertama bikin akun YouTube mulai dari 2014, kemudian rajin mulai aktif mengisi konten YouTube saya di 2016. Pada tahun 2018 saya sudah punya studio dengan perlengkapan yang cukup seperti kamera, tripod, dan sebagainya," ujar DHIARCOM.

DHIARCOM mengaku dengan konten yang dapat menarik perhatian banyak orang, peluang untuk mendapatkan uang lewat berbagai cara juga besar. Contohnya dari konten afiliasi yang ia buat mampu menarik hasil e-commerce yang ia afiliasikan dari Rp 800 juta hingga miliaran dalam sebulan.

"Link afiliasi ini meriah dan marak banget di dunia tech review," ujarnya.

Sementara itu Audrey FF mengungkapkan untuk menjadi content creator gaming membutuhkan perjalanan panjang. Ia harus menghadapi masalah seperti dilarang orang tua, cibiran dari gamers cowok, dan lainnya.

"Dari SD aku tuh seneng banget main game sebagai hobi, nah aku sering tuh dimarahin sama orang tuaku karena sehari-hari cuma main game. Lalu ada juga gamers cowok yang anggep kita (gamers cewe) sebagai parasit. Tapi pada akhirnya aku bisa nemuin komunitas yang bisa bikin aku berkembang, sehingga bisa jadi gamer profesional lalu jadi content creator seperti saat ini," jelas Audrey.

Audrey juga mengungkapkan dari sisi konten sebagai seorang content creators harus bisa menyesuaikan dengan konten yang sedang viral.

"Seperti waktu dulu ada KKN di Desa Penari atau aplikasi Joget kayak TikTok. Itulah yang kita angkat sebagai konten," ujarnya.

Babe Cabita mengungkapkan menjadi content creator harus bisa menginspirasi kreativitas orang lain. Selain itu seorang content creator juga tidak perlu malu untuk mengekspresikan diri agar bisa menarik perhatian.

"Menciptakan konten yang menarik dan berkualitas menjadi salah satu cara kami mengekspresikan diri dan tentunya memiliki tantangan tersendiri apabila ingin menarik perhatian," ujar Babe.

Sebagai Informasi, Shopee 4.4 Mega Elektronik Sale telah berlangsung sejak 9 Maret 2020. Para pengguna dapat menemukan berbagai produk elektronik dengan disuguhi penawaran dan diskon spesial seperti Gratis Ongkir XTRA, Diskon Elektronik Premium 1 Miliar, dan Pasti Diskon 50%. Shopee juga mendukung upaya pemerintah untuk menerapkan social distancing dan mendorong para pengguna agar mencari berbagai kebutuhan dengan mudah lewat #BelanjaDariRumah secara online di Shopee.

(prf/fay)