Drone Dipakai Awasi Orang Keluyuran, Minta #Dirumahaja

Drone Dipakai Awasi Orang Keluyuran, Minta #Dirumahaja

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 17 Mar 2020 16:42 WIB
BRUECK, GERMANY - JUNE 08:  The photographers DJI Phantom 3 Pro multirotor drone flies near a wind farm on June 8, 2016 near Brueck, Germany. Countries across Europe are debating legislation to regulate the use of consumer drones. As prices have come down and piloting simplified the market for consumer-oriented drones has risen dramatically with sales of hundreds of thousands of drones expected for coming years.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images)
Drone Dipakai Awasi Orang Keluyuran, Minta #Dirumahaja. Foto: GettyImages
Jakarta -

Spanyol telah mengumumkan negaranya dalam keadaan darurat dan meminta warganya untuk diam di rumah guna meredam laju penyebaran virus corona. Drone pun dikerahkan untuk mengawasi orang-orang yang keluyuran.

Sebuah video yang dirilis BBC News memperlihatkan bagaimana polisi di Madrid melakukan patroli memastikan agar orang-orang tidak ke mana-mana.

Drone tersebut dikontrol dari jarak jauh oleh petugas. Ketika ditemukan ada yang berada di luar rumah, polisi menyerukan imbauan untuk kembali ke rumah melalui pengeras suara yang terpasang di drone tersebut.

Dikutip dari BBC News, berdasarkan data badan kesehatan dunia WHO, Spanyol mencatat sudah ada lebih dari 7.700 kasus virus corona per tanggal 15 Maret.

Peningkatan yang masif ini membuat Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan status darurat pada Jumat (13/3) lalu.

Karenanya, sebanyak 40 juta lebih warganya diminta untuk menghindari keramaian dan perjalanan yang tidak perlu. Kebijakan serupa sudah diterapkan di sejumlah negara untuk meredam laju penyebaran virus.

Aksi social distancing ini juga sudah mulai berlaku di Indonesia. Presiden Joko Widodo telah meminta agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah.

Di berbagai media sosial pun sudah ramai kampanye #dirumahaja yang meminta bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Social distance adalah hal yang perlu dilakukan di tengah merebaknya virus corona. Diharapkan cara ini bisa mengurangi penyebaran virus corona.



Simak Video "Mengenal Social Distancing yang Digaungkan untuk Lawan Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)