Dua Unicorn Siapkan Opsi Kerja dari Rumah Cegah Corona

Dua Unicorn Siapkan Opsi Kerja dari Rumah Cegah Corona

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 14 Mar 2020 13:01 WIB
Ilustrasi Laptop
Cegah penularan virus corona, dua unicorn siapkan opsi kerja dari rumah untuk karyawannya. Foto: Gettyimages
Jakarta -

Banyak perusahaan teknologi Tanah Air melakukan beragam antisipasi guna mencegah penularan virus corona (COVID-19). Gojek dan Traveloka misalnya, dua unicorn Indonesia ini menyiapkan opsi kerja dari rumah untuk karyawannya.

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, mengatakan keamanan dan keselamatan merupakan prioritas utama pihaknya. Karena itu mereka telah menjalankan berbagai upaya antisipasi COVID-19 sejak Januari lalu.

Upaya-upaya preventif tersebut menjangkau seluruh ekosistem Gojek, mulai dari mitra driver, merchant, service provider, pelanggan hingga dan karyawan mereka sendiri. Baik secara mandiri maupun melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Secara berkala, kami melakukan sosialisasi informasi tentang COVID-19, termasuk edukasi mengenai cara pencegahan, serta himbauan untuk waspada dan menjaga kesehatan. Informasi tersebut yang disampaikan melalui berbagai channel komunikasi dengan cara memanfaatkan fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification), acara tatap muka berkala dengan mitra driver (Kopdar), serta membagikan ribuan masker kepada mitra dan masyarakat di Bandara Soekarno Hatta Februari lalu," papar Nila.

Nila Marita, Chief Corporate Affairs GojekNila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek Foto: Go-Jek Indonesia

"Bagi karyawan, kami juga telah menjalankan berbagai inisiatif untuk meminimalisir risiko, termasuk pengukuran suhu tubuh, mempersiapkan rencana keberlangsungan bisnis, memberlakukan larangan perjalanan kerja internasional, memberikan training mengenai COVID-19 bekerja sama dengan Kemenkes, membagikan masker, hand sanitizer, dan vitamin, melakukan uji coba kerja dari rumah (WFH-Work From Home), serta melakukan office deep cleaning secara teratur," lanjutnya.

Senada dengan Nila, Koordinator Utama BCM Team Traveloka Ongki Saputra menegaskan kalau kesehatan, keamanan, dan kenyamanan karyawan merupakan prioritas utama. Sebab itu Traveloka membentuk tim khusus yang akan secara konsisten memantau situasi terkini dan memastikan bahwa operasional perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Dua Unicorn Siapkan Opsi Kerja dari Rumah Cegah CoronahFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Mereka menerapkan upaya-upaya preventif sesuai dengan anjuran pemerintah serta badan kesehatan nasional dan internasional guna menciptakan keamanan dan kenyamanan di lingkungan kerja bagi seluruh karyawan. Selain itu memberikan imbauan ke seluruh karyawan untuk senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan, dan berbagai upaya lainnya.

"Kami juga telah mengidentifikasi beberapa skenario yang dapat terjadi berdasarkan perkembangan situasi COVID-19, salah satunya yaitu kemungkinan untuk menerapkan kebijakan Work From Home (WFH)," kata Ongki.

Tidak hanya itu, Traveloka pun memberikan informasi terkait COVID-19 untuk penggunanya lewat semua platfrom mereka

"Kami provide informasi soal tindakan preventif mencegah penyebaran COVID-19 di platform kita (di Bagian Important Notice/informasi Penting di Homepage), termasuk penerbangan yang terdampak dan kebijakan maskapai untuk refund/reschedule," terang Ongki.

Dua Unicorn Siapkan Opsi Kerja dari Rumah Cegah Corona


Simak Video "Tips Work From Home Tetap Menyenangkan Versi Cowok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)