Apple Umumkan WWDC 2020 Digelar Online

Apple Umumkan WWDC 2020 Digelar Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 14 Mar 2020 10:00 WIB
WWDC 2020
Foto: Apple
Jakarta -

Banyak perhelatan teknologi akhirnya dibatalkan karena wabah corona. Berbeda dengan Apple, mereka tetap menggelar hajatanya, Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020.

Hanya saja perhelatan yang memasuki tahun ke-31 itu digelar berbeda dari sebelumnya. WWDC tahun ini akan digelar secara online pada Juni nanti.

"Kami menghadirkan WWDC 2020 pada Juni ini dengan cara inovatif kepada jutaan pengembang di seluruh dunia, menyatukan seluruh komunitas pengembang dengan pengalaman baru," kata Phil Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple dalam keterangan resminya.

Schiller tutur menyebutkan alasan perubahan format tersebut. Tidak secara gamblang menyatakan virus corona, tapi lebih dikarenakan situasi kesehatan saat ini.

"Situasi kesehatan saat ini mengharuskan kami membuat format WWDC 2020 baru yang menghadirkan program lengkap dengan keynote dan sesi online, menawarkan pengalaman belajar yang hebat bagi seluruh komunitas pengembang kami, di seluruh dunia. Kami akan membagikan semua detail di minggu-minggu mendatang," ujarnya

Sementara itu, Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi, mengatakan pihaknya menjanjikan pengalaman yang sama WWDC sebelumnya meski digelar secara online.

"Dengan semua produk dan teknologi baru yang telah kami kerjakan, WWDC 2020 akan menjadi besar," kata Federighi. "Saya berharap pengembang kami mendapatkan kode baru dan berinteraksi sepenuhnya dengan insinyur Apple yang membangun teknologi dan kerangka kerja yang akan membentuk masa depan di semua platform Apple."

Di WWDC 2020, Apple akan mengungkap tentang masa depan sistem operasinya, mulai dari iOS 14, macOS 10.16, watchOS 7, hingga pembaruan tvOS 14. Selain itu akan dihadirkan wawasan dan tools yang dibutuhkan guna mewujudkan ide 23 juta pegembang yang tersebar di 155 negara agar jadi kenyataan.

Dalam kesempatan ini, Apple turut mengumumkan pihaknya pihaknya akan mengalokasikan USD 1 juta untuk organisasi lokal di San Jose guna mengimbangi kehilangan pendapatan terkait sebagai imbas digelarnya WWDC 2020 secara online.

Apple Umumkan WWDC 2020 Digelar Online


Simak Video "Diperkenalkan di WWDC 2019, Apa yang Baru dari iOS 13?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)