Apple, Google, dkk Diminta Pemerintah AS Ikut Atasi Virus Corona

Apple, Google, dkk Diminta Pemerintah AS Ikut Atasi Virus Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 13 Mar 2020 15:10 WIB
Google, Google Indonesia, Ilustrasi Google Indonesia
Apple, Google, dkk Diminta Pemerintah AS Ikut Atasi Virus Corona (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Gedung Putih mengumpulkan perwakilan dari raksasa teknologi AS untuk mengkoordinasikan respons mereka terhadap wabah virus corona. Perusahaan yang dipanggil antara lain Amazon, Apple, Facebook, Google, Microsoft dan Twitter.

Dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (13/3/2020) rapat yang dilakukan lewat teleconference ini dipimpin oleh US Chief Technology Officer Michael Kratsios. Ia meminta perusahaan-perusahaan tersebut untuk memberikan aset teknologi agar bisa melihat wawasan medis dari database literatur baru terkait virus corona.

"Prioritas utama Gedung Putih adalah memastikan keselamatan dan kesehatan warga AS di tengah wabah COVID-19," kata Kratsios dalam keterangannya.

"Perusahaan teknologi terdepan dan platform online besar akan memainkan peran penting dalam upaya ini," sambungnya.

Rapat yang berlangsung selama dua jam ini juga membahas bagaimana cara menghentikan penyebaran teori konspirasi terkait virus corona di media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Selain itu, Politico melaporkan rapat ini turut membahas penyebaran misinformasi dan disinformasi yang menyebar di media sosial. Perusahaan seperti Apple dan Amazon juga sepertinya dipanggil untuk membahas gangguan terhadap suplai dan manufaktur.

Perusahaan-perusahaan di atas telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kerjanya. Misalnya dengan membatalkan konferensi, memerintahkan karyawan untuk bekerja dari rumah dan melawan misinformasi.



Simak Video "Pandemi Corona Bikin Harga Saham Amazon Selangit!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)