YouTube Ubah Kebijakan Soal Video Corona

YouTube Ubah Kebijakan Soal Video Corona

Josina - detikInet
Kamis, 12 Mar 2020 16:07 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
YouTube Ubah Kebijakan Soal Video Corona (Foto: Sean Gallup/Getty Images)
Jakarta -

Belum lama ini bagi YouTuber yang membuat konten video tentang virus Corona akan di demonetized yang artinya dari video tersebut pembuat video tidak akan mendapatkan pundi-pundi uang dari layanan iklan YouTube.

Alasannya konten video yang berkaitan dengan virus Corona ini bersifat sensitif dan tidak sesuai dengan panduan periklanan YouTube yang melibatkan hilangnya nyawa, tindakan berbahaya dan tidak sesuai dengan norma periklanan.

Namun tindakan YouTube banyak diprotes karena topik ini memang yang paling banyak dicari untuk penonton untuk mendapatkan informasi terbaru dan terupdate. YouTube pun menyadari bahwa virus Corona akan menjadi topik utama dijadikan bahan video para pembuat video.

"Menjadi jelas bahwa masalah ini sekarang menjadi bagian yang penting dan berkelanjutan dari percakapan sehari-hari dan kami ingin memastikan bahwa organisasi berita dan pembuat konten dapat terus memproduksi video berkualitas secara berkelanjutan," tulis CEO YouTube Susan Wojcicki dalam suratnya kepada para pembuat konten video seperti dilansir dari The Verge, Kamis (12/3/2020).

Dengan keputusan tersebut YouTube pun akan memberikan izin kepada YouTuber untuk memonetize videonya dengan mengaktifkan iklan.

Wojcicki mengatakan YouTube sedang mempersiapkan kebijakan untuk memperluas monetisasi ke lebih banyak pembuat video dan media berita dalam beberapa minggu mendatang.

YouTube ingin menghindari monetisasi video palsu, namun juga harus mengizinkan saluran yang sah untuk menghasilkan konten yang bermanfaat.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)