Mafindo: Hoax Soal Corona Sama Berbahaya dengan Virusnya

Mafindo: Hoax Soal Corona Sama Berbahaya dengan Virusnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 09 Mar 2020 19:31 WIB
Septiaji Eko Nugroho
Ketua Mafindo Septiaji Eko Nugroho (Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet)
Jakarta -

Merebaknya wabah virus corona hingga ke ratusan negara diikuti dengan menyebarnya hoax terkait virus tersebut. Bahkan menurut World Health Organization (WHO) saat ini bukan hanya epidemi virus yang diwaspadai tapi juga 'infodemic'.

Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji Eko Nugroho, bahkan mengatakan membanjirnya hoax dan disinformasi seputar virus corona bisa sama berbahayanya seperti virusnya sendiri.

"Ketika banjir informasi keliru yang sesat, yang membingungkan dan mengelabui banyak orang dan ia tidak kalah berbahayanya dibanding virusnya itu sendiri," kata Septiaji di saat berbicara di Diskusi Publik Mitigasi Hoax Corona di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Septiaji mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 500 jenis hoax seputar virus corona yang menyebar di seluruh dunia. Sedangkan untuk di Indonesia, Kominfo telah menemukan 177 hoax selama periode 23 Januari hingga 8 Maret.

Menurut Septiaji, jenis hoax seputar virus corona yang ditemukan di Indonesia memiliki level viralitas yang tinggi. Ia pun meminta masyarakat Indonesia berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang berasal dari sumber tidak jelas.

Untuk menangkal hoax seputar virus corona semakin menyebar luas di masyarakat, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan literasi digital adalah obatnya. Ia pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam mempercayai info yang beredar di media sosial dan selalu mencari info dari otoritas resmi seperti Kementerian Kesehatan.

"Kita ingin mengedepankan literasi digital, karena hoax itu hanya bisa dilawan dengan literasi. Di ruang digital itu apa yang kita baca, apa yang kita lihat, apa yang kita tonton itu tidak bisa dipercaya sampai sumbernya bisa dipercaya,"kata Semuel di kesempatan yang sama.

"Sebarkan informasi yang baik jangan bikin kegusaran bertambah. Kalau gusar nanti malah panik, kalau panik malah jadi rush," pungkasnya.

Mafindo: Hoax Soal Corona Sama Berbahaya dengan Virusnya


Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)