9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian Sangka

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian Sangka

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 09 Mar 2020 12:55 WIB
kulkas
Foto: Istimewa
Jakarta -

Masih banyak sebagian orang yang berasumsi bahwa teknologi canggih, gadget, dan berbagai perangkat yang memudahkan hidup manusia diciptakan oleh para penemu pria. Padahal, di antara beragam penemuan brilian, tak sedikit yang merupakan buah pikiran dan karya para penemu wanita.

Berikut ini adalah 9 penemuan cemerlang dari para wanita yang mengubah dunia, seperti dikutip detikINET dari Brainberries.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Brainberries

1. Perahu karet

Seorang wanita bernama Maria Beasely menemukan benda penyelamat ini. Pada suatu hari di tahun 1882, Beasely yang sedang memandang lautan terpikir untuk bisa mengurangi korban tewas akibat kecelakaan di laut.

Dia kemudian memutuskan untuk merancang dan menciptakan semacam rakit yang kita kenal sekarang sebagai perahu karet atau pelampung karet untuk evakuasi dari wilayah air. Selain itu, dia juga menciptakan mesin pembuat tong. Temuannya ini membuatnya menjadi kaya raya.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Brainberries

2. Kulkas listrik

Kulkas dengan daya listrik yang kalian gunakan saat ini merupakan buah pikiran dari Florence Parpart. Dia menemukan perlengkapan rumah modern ini di tahun 1914. Tak hanya kulkas listrik, Parpart juga menemukan dan mematenkan mesin pembersih jalan yang kemudian dia pasarkan sendiri. Alat ini sukses terjual di seluruh AS.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Brainberries

3. Monopoli

Mungkin cuma anak generasi 90-an ke bawah yang familiar dengan permainan ini. Penemunya adalah Elizabeth Maggie. Board game yang diciptakan tahun 1904 ini awalnya bernama 'The Landlord's Game'.

Bukan sekadar permainan, The Landlord's Game sebenarnya dimaksudkan untuk mengkritik ekonomi kapitalisme, khususnya karena banyak ketidakadilan yang dirasakan Elizabeth di dunia kapitalis tempat dia tinggal.

Namun ide permainan itu dicuri oleh Charles Darrow sekitar 30 tahun setelah penciptaan oleh Elizabeth. Charles menjual idenya kepada Parker Brothers. Syukurlah Parker Brothers melacak terlebih dahulu siapa penemu pertama permainan ini dan Elizabeth mendapatkan bayaran atas idenya tersebut.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Brainberries

4. Algoritma komputer

Komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Dengan komputer, manusia bisa melakukan banyak hal mulai dari menjalankan sistem dan perusahaan, hingga menerbangkan astronot ke ruang angkasa.

Nah, sosok berjasa di balik semua ini adalah Ada Lovelace. Dia adalah programmer komputer pertama yang pada masanya, bekerja dengan Charles Babbage, penemu komputer di London University pada 1842. Karyanya ini sangat penting di kemudian hari karena membantu Alan Turing memproduksi komputer modern pertama selama tahun 1940-an.

Ilustrasi CCTV. Ilustrasi CCTV. Foto: Rengga Sancaya

5. CCTV

Di dunia modern, kita sudah tidak asing dan dikeliling kamera Closed-Circuit Television Security alias CCTV. Kamera ini memonitor dan membantu memastikan keselamatan kita.

Adalah Marie Van Brittan Brown bersama suaminya terpikir membuat sistem keamanan rumah untuk memastikan rumah dan keluarga mereka baik-baik saja saat ditinggal pergi bekerja. Ini dilakukannya karena kesal pada respons polisi yang lambat menangani laporan tidak kriminal. Sistem keamanan ini kemudian menjelma menjadi CCTV yang kita lihat sekarang.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: ilustrasi/thinkstock

6. Jarum suntik

Seumur hidup kita pasti pernah disuntik. Apa jadinya jika suntikan medis tersebut dilakukan tanpa jarum? Berkat penemuan Letitia Geer lah suntikan medis menjadi lebih mudah. Dia menemukan perlengkapan jarum suntik pada 1899 dan dipakai hingga sekarang.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Brainberries

7. Pembuat es krim

Pada 1843, seorang wanita bernama Nancy Johnson menciptakan perangkat yang secara otomatis bisa membuat es krim. Dia mematenkan penemuan ini. Tentu saja, hingga sekarang mesin pembuat es krim masih digunakan di banyak perusahaan.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Thinkstock

8. Mesin pencuci piring

Josephine Cochrane adalah orang yang menemukan mesin pencuci piring pada 1887. Jauh sebelum itu, dia sudah berpikir jauh ke depan dengan memasarkan mesin ini ke hotel-hotel. Dia bahkan membuka pabrik sendiri untuk memproduksi mesin tersebut.

9 Penemuan Wanita yang Tidak Kalian SangkaFoto: Brainberries

9. Tangga darurat kebakaran

Pada 1887, seorang wanita bernama Anna Connelly menemukan fire escape atau tangga darurat sebagai cara untuk menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran di dalam sebuah bangunan bertingkat. Rumah-rumah di AS dan Eropa punya fire escape hingga sekarang.



Simak Video "Penemuan Arca Madiun"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)