eBay, Facebook, dan Amazon Larang Iklan Masker Virus Corona

eBay, Facebook, dan Amazon Larang Iklan Masker Virus Corona

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 09 Mar 2020 07:52 WIB
Masker mahal
Ilustrasi masker. Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta -

Sejak virus corona merebak, setiap negara berupaya melawan penyebarannya, termasuk perusahaan teknologi di berbagai negara. eBay, Facebook, dan Amazon berupaya meredam iklan terkait masker, hand sanitizer, dan obat-obatan yang mengklaim bisa menyembuhkan COVID-19.

Pekan lalu, Facebook dan Amazon mengambil langkah penghapusan produk yang mengaku-ngaku bisa mengobati atau melindungi orang-orang dari virus corona. Facebook juga mencekal iklan yang terkait dengan masker wajah untuk mencegah terjadinya penipuan harga.

Dikutip dari CNBC, eBay mengonfirmasi bahwa perusahaannya akan melarang daftar produk yang berhubungan dengan tisu desinfektan, masker, dan hand sanitizer agar harganya tidak melambung.

Dalam pemberitahuan kepada para penjual yang dipostingnya, eBay mengatakan akan langsung menindak jualan apapun yang menyebutkan COVID-19 atau coronavirus.

Untuk diketahui, sejak wabah merebak, perlengkapan kesehatan dan makanan mengalami kenaikan harga secara tajam karena pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang berupaya mengambil keuntungan.

Berdasarkan laporan CNBC, eBay telah menghapus lebih dari 20.000 listing karena melanggar ketentuan perjanjian. Sementara itu, Amazon, telah menghapus lebih dari 1 juta produk yang menjanjikan penyembuhan dari virus corona atau untuk menaikkan harga gila-gilaan.

Efek domino dari wabah COVID-19 juga memaksa sejumlah acara dibatalkan. Di industri teknologi, acara-acara yang terdampak antara lain hajatan tahunan MWC 2020, disusul Facebook yang membatalkan konferensi F8, lalu Microsoft membatalkan Ignite Tour di beberapa negara dan pembatalan GDC 2020.

Facebook juga telah membatalkan Global Marketing Summit, diikuti Oppo dan Xiaomi yang membatalkan acara peluncuran produk mereka. Awal pekan ini, Microsoft juga membatalkan MVP Global Summit sementara Adobe dan Google membatalkan hajatan akbar tahunan mereka masing-masing.

eBay, Facebook, dan Amazon Larang Iklan Masker Virus Corona


Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)