Cerita Nostalgia Hanung Bramantyo Bikin Film Pakai Handycam

Cerita Nostalgia Hanung Bramantyo Bikin Film Pakai Handycam

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 05 Mar 2020 18:35 WIB
Hanung Bramantyo
Hanung Bramantyo. Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta -

Hanung Bramantyo sutradara terkenal membagikan momen nostalgianya saat pertama kali membuat film. Ia sangat ingat kala ia masih menggunakan handycam untuk syuting.

"Teknologi sekarang tidak membuat kita susah atau ribet. Dulu belom ada YouTube, saya syuting dengan handycam minjem, materinya dengan kaset yang saya beli dan minta dari kawan yang biasa syuting kawinan. Kemudian saya edit di studio kawinannya dia," kenangnya sembari tertawa kecil.

Hanung pun mencoba untuk mengikuti berbagai festival film dan dari sana lah koneksi dari para dewan juri ia dapatkan. Karena itu ia mengharapkan ke depannya, akan selalu ada festival film yang dapat memberikan jejaring tersebut.

Namun era kini berganti, tak harus dari festival film, lewat YouTube pun sudah bisa membangun brand untuk diri sendiri dan berkarya lebih bebas. Lagi pula, ponsel zaman sekarang pun sudah mumpuni.

"Sekarang setelah ada YouTube, tidak ada alasan karena ada HP. Tapi kita paham HP punya keterbatasan memory. Tapi itu kan bagian dari proses. Yang penting lu mau ga?'," ujar Hanung, Kamis (5/3/2020) di Jakarta Pusat.

Sutradara film 'Bumi Manusia' dan 'Ayat-ayat Cinta' ini pun mengatakan dirinya juga kerap memanfaatkan penggunaan smartphone dalam produksi filmnya. Biasanya, ini ia lakukan untuk adegan yang cukup sulit jika ditangkap oleh kamera besar.

"Sebetulnya iya, ada beberapa shoot yang tidak mengguna kamera besar misalnya shoot khusus naik motor atau sepeda, kan harus nangkap jeruji rodanya berputar. Kalau pakai kamera besar akan oleng," kata suami Zaskia Adya Mecca itu.

Ia mencontohkan salah satu adegan dalam filmnya di mana ia menggunakan smartphone untuk syuting adegan ledakan di Film 'Soekarno'.

"Adegan ledakan untuk second kamera atau third camera pas film 'Soekarno' saya pakai handphone," tutupnya.

Cerita Nostalgia Hanung Bramantyo Bikin Film Pakai Handycam


Simak Video "Setelah 11 Tahun, Zaskia Mecca Baru Merasa Beruntung Miliki Hanung"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)