Ngaku Bawa Virus Corona ke AS, Ini Penjelasan Steve Wozniak

Ngaku Bawa Virus Corona ke AS, Ini Penjelasan Steve Wozniak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 03 Mar 2020 19:45 WIB
Steve Wozniak
Ngaku Bawa Virus Corona ke AS, Ini Penjelasan Steve Wozniak Foto: Getty Images
Jakarta -

Co-founder Apple Steve Wozniak sempat membuat heboh setelah mengaku menjadi patient zero virus corona di Amerika Serikat. Kini ia memberi penjelasan tentang klaim yang dibuatnya tersebut.

Wozniak pertama kali membuat pengakuan tersebut lewat cuitan di akun Twitter pribadinya. Ia menulis sedang menemani istrinya berobat karena batuk parah selama dua bulan setelah pulang dari China dan mungkin menjadi patient zero virus corona di AS.

Wozniak sepertinya sadar pengakuannya itu membuat publik heboh. Ia pun memberikan penjelasan dan kronologi perjalanannya di Asia lewat email yang dikirimkannya kepada Cnet.

Dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (3/3/2020) Wozniak dan istrinya, Janet Hill, kembali dari perjalanannya ke sejumlah negara Asia, termasuk Hong Kong pada 4 Januari. Setibanya di AS, keduanya mengeluhkan radang tenggorokan dan batuk.

Wozniak saat itu memiliki jadwal untuk berbicara di beberapa event di Las Vegas. Ia langsung membatalkan kehadirannya karena sakit, tapi tetap menghadiri dua event walau sempat kesulitan berbicara karena radang tenggorokan.

"Kami membatalkan semuanya untuk kembali ke rumah tapi saya tidak bisa bangun dari tempat tidur selama dua hari. Saya mengatakan kepada semua orang bahwa saya sakit dan menghindari semua orang selama di Vegas," kata Wozniak.

Saat kembali ke AS, Wozniak mengatakan saat itu belum ada berita soal virus corona maupun larangan bepergian. Ia juga sempat melaporkan kondisinya kepada CDC tapi cuma diberikan imbauan ntuk rajin mencuci tangan karena saat itu belum ada tes untuk COVID-19.

Tapi penyakit yang dialami Wozniak dan istrinya terbilang cukup parah. Ia mengatakan istrinya sempat mengalami batuk berdarah dan saat diperiksakan ke rumah sakit diagnosanya mengatakan itu bukan flu Amerika.

"Jika kami kembali dari Asia Tenggara hari ini, kami sudah pasti akan dites dan dikarantina, dengan gejala yang kami alami. Tapi hal ini tidak dianggap serius saat itu," jelas Wozniak.

"Mereka akhirnya memiliki tes tapi kalian hanya bisa menjalaninya lewat CDC dan mereka tidak akan mengetes orang seperti saya dan Janet, yang gejalanya sudah lewat," sambungnya.

Sedangkan untuk pengakuannya sebagai patient zero virus corona di AS, Wozniak mengaku hal itu hanya sekedar gurauan.

"'Patient zero' hanya semacam candaan. Saya rasa gejala masalah pencernaan kami lebih cocok dengan flu jenis lain, karena ini jarang didengar dengan COVID-19," pungkasnya.

Ngaku Bawa Virus Corona ke AS, Ini Penjelasan Steve Wozniak


Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)