Rajin Bersihkan Layar HP Bisa Aman dari Corona, Ini Faktanya

Rajin Bersihkan Layar HP Bisa Aman dari Corona, Ini Faktanya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 02 Mar 2020 12:45 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone
Rajin Bersihkan Layar HP Bisa Aman dari Corona, Ini Faktanya. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan. Imbauan untuk sering membersihkan layar smartphone digaungkan sebagai salah satu cara menghentikan Covid-19.

Bahkan kerajinan membersihkan permukaan ponsel itu juga dinilai lebih baik menghentikan penyebaran corona daripada mengenakan masker. Begitu anjuran yang disampaikan Kementerian Kesehatan Singapura, Rabu (12/2/2020).

Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, menuturkan banyak imbauan yang bermaksud baik di mana itu datangnya di berbagai pihak, termasuk dokter. Metode perlindungan mengenakan masker bukan yang utama.

Dia menambahkan tugas yang lebih penting adalah orang-orang sering membersihkan ponsel mereka.

"Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda. Jadi, mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting," ucapnya dikutip dari Business Insider, Senin (2/3/2020).

Kendati begitu, bukan berarti kalian tidak perlu berpergian tanpa mengenakan masker. Penggunaan pelindung tersebut tetap perlu dilakukan.

Sebelumnya, berbagai penelitian memang telah menemukan bahwa smartphone mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet. Ponsel merupakan barang yang paling kotor yang dimiliki seseorang, bahkan ada yang membawa perangkat ini ke toilet, tempat berkumpulnya kotoran.

Menurut sebuah studi pada 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman. Selain itu, menggunakan larutan alkohol juga demikain.

Adapun celah ponsel dan casing dikatakan mengandung lebih banyak bakteri daripada yang ada di layar. Artinya, itu juga tak lupa untuk dibersihkan.



Simak Video "Waspada! Tingkat Keterisian RS Covid-19 Kini Naik 25 Persen "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)