Orang Indonesia Ranking 8 Terlama Internetan di Dunia

Orang Indonesia Ranking 8 Terlama Internetan di Dunia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 23 Feb 2020 22:10 WIB
FORT LAUDERDALE, FL - MARCH 07:  Lt. Mike Baute from Floridas Child Predator CyberCrime Unit talks with people on instant messenger during the unveiling of a new CyberCrimes office March 7, 2008 in Fort Lauderdale, Florida. One of the people on the other side of the chat told Lt. Baute, who is saying he is a 14-year-old girl, that he is a 31-year-old male and sent him a photograph of himself. According to current statistics, more than 77 million children regularly use the Internet. The Federal Internet Crimes Against Children Task Force says Florida ranks fourth in the nation in volume of child pornography. Nationally, one in seven children between the ages of 10 and 17 have been solicited online by a sexual predator.  (Photo by Joe Raedle/Getty Images)
Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta -

Jumlah pengguna internet Indonesia bertambah, namun itu tak seiring dengan waktu yang mereka habiskan di dunia maya. Berdasarkan laporan We Are Social dan HootSuite, Orang Indonesia paling lama internetan ke-8 di dunia.

Bila dibandingkan tahun lalu, warga kita bisa 'nongkrong' di internet bisa hingga 8 jam 36 menit. Maka di tahun ini agak berkurang, orang Indonesia rata-rata berselancar selama 7 jam 57 menit.

Fakta tersebut berbanding terbalik dengan jumlah pengguna internet RI yang di 2020 yang meningkat 25 juta selama setahun terakhir.

Lalu, negara mana yang paling lama orangnya internetan? Jawabannya masih sama, yaitu Filipina. Meski masih jadi 'juara bertahan, sama halnya dengan Indonesia, durasi waktu per harinya menggunakan internet turun menjadi 9 jam 45 menit.

Orang Indonesia Ranking 8 Terlama Internetan di DuniaOrang Indonesia Ranking 8 Terlama Internetan di Dunia. Foto: HootSuite

Setelah itu, Afrika Selatan menempati urutan kedua dengan rata-rata waktu 9 jam 22 menit. Kemudian di belakangnya secara berurutan ada Brasil 9 jam 17 menit, Kolombia 9 jam 10 menit, Thailand 9 jam 1 menit, Argentina 8 jam 47 menit, dan Meksiko dengan 8 jam 21 menit.

Terkait kenapa ada penurunan waktu orang-orang dalam memanfaatkan internet, laporan ini tidak memberikan penjelasan. Kendati begitu, mereka mengungkapkan evolusi keseharian netizen global saat 'nongkrong' di internet memang tengah menurun.

Misalnya pada Q4 2014 itu rata-ratanya 6 jam 22 menit yang turun pada periode yang sama di tahun berikutnya menjadi 6 jam 18 menit. Setelah itu tren menanjak pada Q3 2016 6 jam 28 menit, Q3 2017 dengan 6 jam 44 menit, Q3 2018 dengan 6 jam 46 menit yang menurun pada Q3 2019 dengan 6 jam 43 menit.

Pada tahun ini, We Are Social menyebutkan bahwa lebih dari penduduk dunia sudah terkoneksi dengan capaian 4,54 miliar telah internetan. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada peningkatan 298 juta pengguna internet baru pada tahun 2020.

We Are Social juga mengungkapkan jumlah pengguna aktif media sosial (medsos) di seluruh dunia pada tahun ini yang menyentuh angka 3,8 miliar. Lalu, rata-rata orang habiskan waktu untuk berinternet dalam perangkat mobile selama 3 jam 22 menit.



Simak Video "Pengangguran di RI Bertambah 3,7 Juta Orang "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)