Minggu, 23 Feb 2020 16:00 WIB

Buku Fiksi Ini Jadi Inspirasi Elon Musk Dirikan SpaceX

Virgina Maulita Putri - detikInet
Elon Musk Buku Ini Jadi Inspirasi Elon Musk untuk Dirikan SpaceX Foto: Getty Images
Jakarta -

Saat masih remaja, Elon Musk rupanya seorang kutu buku yang doyan membaca. Bahkan buku juga menginspirasinya untuk mendirikan SpaceX dan berinovasi demi masa depan manusia.

Dikutip detikINET dari CNBC, Minggu (23/2/2020) salah satu buku yang menjadi inspirasi Musk adalah seri 'Foundation', buku fiksi ilmiah yang ditulis oleh Isaac Asimov. Bahkan hingga saat ini Musk masih sering merekomendasikan buku itu lewat akun Twitter-nya.

Dalam cuitannya pada Juni 2018, Musk mengatakan bahwa seri 'Foundation' dan Zeroth Law atau hukum robotik Asimov merupakan bagian yang fundamental saat mendirikan SpaceX. Selain Asimov, ia juga terinspirasi oleh penulis fiksi ilmiah lainnya, Douglas Adams.

Seri 'Foundation' pertama kali diterbitkan pada 1942 dan terdiri dari tujuh buku. Seri buku ini ini berisi tentang upaya seorang ilmuwan untuk mengubah nasib sebuah kerajaan yang terancam punah dan mengalami masa kegelapan hingga ribuan tahun.

"Ilmu yang saya petik dari saga 'Foundation' adalah kalian harus mengambil tindakan yang bisa memperpanjang peradaban, meminimalisir kemungkinan terjadinya zaman kegelapan dan mengurangi durasinya jika terjadi," kata Musk dalam wawancara dengan Rolling Stone pada 2017.

Dalam wawancara dengan The Guardian pada 2013, Musk juga mengatakan bahwa peradaban manusia bergerak dalam sebuah siklus. Ia pun terinspirasi untuk menjelajahi antariksa untuk memperluas peradaban manusia.

"Mengingat ini adalah pertama kalinya dalam 4,5 miliar tahun di mana umat manusia dimungkinkan untuk memperpanjang kehidupan di luar Bumi, sepertinya kita akan lebih bijakasana untuk bergerak ketika kesempatannya terbuka dan tidak mengandalkan fakta bahwa ini akan terbuka untuk waktu yang lama," kata Musk.

Musk sendiri mendirikan SpaceX pada tahun 2002, tidak lama setelah ia menjual PayPal ke eBay di tahun yang sama. PayPal dijual dengan mahar USD 1,5 miliar dan uang tersebut digunakan Musk untuk mengejar mimpinya di bisnis penerbangan antariksa.



Simak Video "Kekasih Elon Musk Buka-bukaan soal Kehamilannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)