Lebih dari Setengah Penduduk Bumi Konek Internet

Lebih dari Setengah Penduduk Bumi Konek Internet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 20 Feb 2020 16:42 WIB
Illustrasi Pengguna HP
Lebih Dari Setengah Penduduk Bumi Terkoneksi Internet. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Orang-orang semakin terhubung dengan dunia maya. Berdasarkan laporan terbaru dari We Are Social yang bekerjasama dengan Hootsuit, ada lebih dari setengah penduduk Bumi yang terkoneksi internet.

Jumlah penduduk Bumi saat ini mencapai 7,75 miliar orang, di mana 4,54 miliar orang atau sekitar 60% dari total penduduk dunia itu memiliki akses ke internet. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada peningkatan 298 juta pengguna internet baru pada tahun 2020.

"Peran digital dalam kehidupan kita mencapai ketinggian baru, dengan lebih banyak orang menghabiskan waktu secara online daripada sebelumnya," tulis We Are Social dalam laporannya.

We Are Social juga mengungkapkan jumlah pengguna aktif media sosial (medsos) di seluruh dunia yang pada 2020 menyentuh angka 3,8 miliar. Kalau disandingkan tahun sebelumnya, naik 9% atau ada 321 juta pengguna medsos baru.

Lebih Dari Setengah Penduduk Bumi Terkoneksi InternetJumlah pengguna internet di dunia saat ini mencapai 4,54 miliar. Foto: We Are Social

Peningkatan itu terjadi dari jumlah ponsel. Pada 2020, We Are Social menyebutkan ada 5,19 miliar pengguna mobile phone di seluruh dunia yang mana itu penetrasinya 67% dari tahun sebelumnya.

Laporan ini juga mengungkapkan tak kalah menariknya, yaitu seberapa lama pengguna internet menghabiskan waktunya berselancar. Jawabannya rata-rata mereka menghabiskan sampai 6 jam dan 43 menit untuk selalu online per harinya. Bila ditarik per tahunnya itu sama dengan mereka online sampai lebih dari 100 hari.

We Are Social menjelaskan para pengguna internet tersebut 92% mengakses dunia maya memanfaatkan perangkat mobile, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lainnya.

Bagaimana dengan orang yang tidak terhubungan internet? Laporan ini pun mengatakan bahwa lebih dari satu miliar orang yang tidak terkoneksi internet itu tinggal di Asia Selatan, sebanyak 31% secara total yang belum terhubung di dunia. Setelah itu, negara-negara di Afrika menyumbang 27% atau 870 juta orang yang belum online.



Simak Video "Napak Tilas Sejarah Internet Explorer Sebelum Dimatikan di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)