Bulan Ramadan, Twitter Malah Ramai dengan Aneka Topik ini

Bulan Ramadan, Twitter Malah Ramai dengan Aneka Topik ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 19 Feb 2020 18:42 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Bulan Ramadan, Twitter Malah Ramai dengan Aneka Topik ini (Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta -

Bulan Ramadan, Twitter bukan cuma ramai dengan kicauan soal puasa, mudik dan Idul Fitri. Game, hiburan dan olahraga malah banyak di-tweet orang.

Pembicaraan di media sosial seperti Twitter saat bulan Ramadan pasti akan diramaikan soal puasa, mudik dan Idul Fitri. Tapi ternyata bukan hanya topik-topik tersebut yang ramai dibicarakan saat Ramadan.

Studi Twitter menemukan percakapan di linimasa Indonesia saat Ramadan 2019 juga diramaikan empat topik seperti game, hiburan, olahraga dan lingkungan hidup. Topik-topik ini diperkirakan akan kembali ramai dibicarakan di Ramadan tahun ini.


Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah mengatakan topik-topik ini mendadak ramai dibicarakan karena memang sedang trending. Seperti gaming yang belakangan ini ramai dibicarakan karena semakin populernya eSport dan banyaknya pengguna Twitter yang juga gamer.

"Orang-orang yang ada di Twitter mereka 20 kali lebih untuk menjadi gamer dibanding populasi pengguna internet pada umumnya. Di mana 73% pengguna Twitter di Indonesia at least main game menggunakan ponsel, PC atau konsol," kata pria yang biasa disapa Ade ini di kantor Twitter Indonesia, Rabu (19/2/2020).

Tapi sebagian besar dari gamer Indonesia di Twitter memainkan game menggunakan ponsel mereka. Demografi yang membicarakan gaming di Twitter juga beragam, yaitu pria dan wanita dengan rentang usia 18-44 tahun.

Bulan Ramadan, Twitter Malah Ramai dengan Aneka Topik iniCountry Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah (Virgina Maulita Putri/detikcom)


Selain gaming, topik menarik lainnya yang juga banyak dibicarakan adalah lingkungan hidup. Tidak hanya di negara maju, di negara berkembang seperti Indonesia pun topik ini ramai dibicarakan.

Ade mengatakan pembicaraan ini menjadi ramai setelah aksi aktivis Greta Thunberg. Belum lagi beberapa akun Twitter lokal seperti milik Kementerian PUPR pada tahun lalu turut melakukan kampanye Ramadan yang ramah lingkungan.

Topik seputar hiburan juga banyak dibicarakan di Twitter selama Ramadan. Apalagi di jam-jam setelah buka puasa, dari pukul 18.00 sampai tengah malam, yang menjadi puncak orang-orang membicarakan film atau serial di Twitter.


Topik olahraga, terutama sepakbola, juga diperkirakan akan ramai dibicarakan di Ramadan 2020. Menurut Ade, hal ini terjadi karena Twitter sudah dianggap sebagai stadion digital untuk para suporter mendukung tim favoritnya sekaligus menyampaikan unek-uneknya.

Tapi ada satu liga dan satu tim yang mendominasi Twitter pada Ramadan 2019 kemarin, yaitu Premier League dan Liverpool.

"Selama Ramadan kita melihat selama 2019 kemarin ada dua kali peningkatan orang membicarakan mengenai Premier League. Walau setelah itu ada beberapa liga yang lain tapi Premier League sangat signifikan," jelas Ade.

"Salah satu hashtag yang paling banyak dibicarakan selama Ramadan 2019 adalah #YNWA dan Liverpool jadi salah satu klub yang paling banyak dibicarakan," pungkasnya.

Bulan Ramadan, Twitter Malah Ramai dengan Aneka Topik ini



Simak Video "Tumbang di Banyak Negara, Twitter Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)