Selasa, 18 Feb 2020 18:14 WIB

Ini Startup Indonesia yang Ikut di Zurich Innovation Championship 2020

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Zurich Innovation Championship Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Dari 1.300 startup yang mendaftar di ajang Zurich Innovation Championship (ZIC) 2020, beberapa di antaranya berasal dari Indonesia. Siapa saja sih?

Ada 27 pendaftar yang inovasinya ditujukan untuk Indonesia, dan empat di antaranya adalah startup yang berasal dari Indonesia. Startup tersebut antara lain adalah AtmaGo, Medi-call, Riliv, dan Bindcover.

Medi-call adalah sebuah startup yang berdiri sejak 2017, di situsnya mereka menyebut diri sebagai 'aplikasi penyedia layanan kesehatan yang memudahkan pengguna untuk panggil / request tenaga medis (dokter, perawat, bidan dan fisioterapis) ke lokasi'.

Sebagai visinya, startup yang mengklaim sudah hadir di 20 kota di Indonesia ini berencana untuk 'menghubungkan Penyedia Layanan Kesehatan dengan pasien berazaskan atas pelayanan paripurna, holistik, komprehensif, real-time dan menjadi yang terdepan di Asia Tenggara pada tahun 2021'.

Sementara Riliv adalah startup yang menyediakan jasa konseling secara online lewat aplikasi terhadap penggunanya. Startup yang berdiri sejak 2015 ini menghubungkan penggunanya dengan psikolog secara online.

Bindcover adalah startup yang umurnya paling muda dibanding kedua pesaingnya itu. Startup yang berdiri sejak 2018 ini adalah platform business to business (B2B) yang dibuat untuk perusahaan broker, asuransi untuk proses identifikasi dan seleksi risiko atau underwriting.

Tiga startup tersebut mempunyai fokus yang sepertinya memang sejalan dengan bisnis Zurich yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Meski begitu pihak Zurich menyebut mereka tak membatasi fokus dari startup yang mengikuti kompetisi ZIC 2020 ini.

"Kami tak mengkhususkan industri tertentu untuk para startup ini, yang penting inovasi mereka bisa melindungi generasi yang akan datang. Hal itu karena kami adalah perusahaan asuransi, yang tujuannya untuk memberi perlindungan," ujar Hassan Karim, Zurich Underwriting, di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

ZIC adalah kompetisi global bagi startup untuk beradu inovasi demi memenangkan kesempatan mengembangan inovasi tersebut bersama Zurich, sebuah perusahaan asuransi berskala internasional.

Ini Startup Indonesia yang Ikut di Zurich Innovation Championship 2020


Simak Video "Sejumlah Kementerian Bakal Duduk Bareng Bahas Tuntas Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)