Senin, 17 Feb 2020 07:17 WIB

Facebook Luncurkan Aplikasi untuk Hobi Mirip Pinterest

Virgina Maulita Putri - detikInet
ilustrasi facebook Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta -

Facebook baru saja meluncurkan aplikasi eksperimental yang ditujukan untuk mencatat hobi penggunanya. Aplikasi ini dinamakan Hobbi dan sekilas mirip Pinterest.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim New Product Experimentation (NPE) di Facebook. Dalam deskripsinya di App Store, Hobbi adalah aplikasi berbagi foto untuk merekam proses kreatif seperti memasak, seni, fitness atau dekorasi rumah.


Dilansir detikINET dari The Verge, Senin (17/2/2020) aplikasi ini bisa mengumpulkan dan mengatur foto dari proyek hobi yang dilakukan pengguna ke dalam sebuah koleksi agar pengguna bisa melihat progres mereka.

Hobbi tidak memiliki komponen media sosial tapi bisa digunakan untuk membuat video dari proyek setelah selesai untuk dibagikan ke teman dan keluarganya.

Karena sama-sama menyasar hobi, banyak yang menyamakan Hobbi dengan Pinterest. Tapi, ada perbedaan yang cukup signifikan antara dua aplikasi.

Aplikasi Hobbi rancangan Facebook mirip Pinterest.Aplikasi Hobbi rancangan Facebook mirip Pinterest. Foto: Screenshoot


Pinterest memungkinkan pengguna untuk 'pin' foto yang ada di platform maupun yang ditemukan di web. Sedangkan, Hobbi memungkinkan pengguna untuk menambahkan foto tentang proyek mereka untuk melacak progresnya.

Hobbi dikembangkan oleh tim NPE yang dibentuk untuk mengembangkan aplikasi eksperimental. Sebelumnya tim ini telah meluncurkan tiga aplikasi yaitu Bump, Aux dan Whale yang sayangnya tidak begitu populer.

Saat ini aplikasi Hobbi hanya tersedia untuk perangkat yang menjalankan iOS 11 ke atas dan telah diunduh lebih dari 5.000 kali. Aplikasi ini sudah tersedia di 84 negara, termasuk Kolombia, Belgia, Spanyol dan Ukraina.



Simak Video "Hobbi, Pesaing yang Bikin Pinterest Ketar-ketir"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)