Selasa, 11 Feb 2020 16:33 WIB

Artificial Intelligence Fujitsu Jadi 'Asisten' Juri di Kejuaraan Dunia

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Fujitsu Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto/detikcom
Jakarta -

Fujitsu Indonesia menunjukkan beberapa kecanggihan teknologi mereka soal Artificial Intelligence (AI). Dalam acara bertajuk Asia Conference, mereka memaparkan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh AI Fujitsu yaitu 3D Motion Sensing.

3D Motion Sensing merupakan teknologi yang dapat mendeteksi pergerakan yang dilakukan oleh seorang individu secara akurat dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

Di dalam pemanfaatannya, Fujitsu telah menggunakan teknologi AI yang mereka miliki pada olimpiade senam World Artistic Gymnastic Championship 2019 lalu di Kota Stuttgart Jerman. Teknologi tersebut membantu para juri dalam menilai gerakan para atlet gimnastik.

"Pada dasarnya melakukan penilaian terhadap para gymnastic itu akan menghasilkan bias di antara juri pertama dan kedua. Namun dengan bantuan 3D Sensing yang dimiliki oleh Fujitsu, kita akan mengerti titik-titik pergerakan dari para pesenam tersebut, yang kemudian di konversikan ke dalam skoring pesenam," ujar Country Head and Service Solution Fujitsu Indonesia, Erwin Tan, Selasa (11/2/2020).

"Sehingga adanya bantuan 3D Sensing tersebut, tidak ada lagi bias di antara para juri yang memberikan penilaian," lanjut Erwin Tan.

Dipakai di Olimpiade Gimnastik Jerman, AI Fujitsu Bisa Kenali GerakanFoto: Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto/detikcom

Selain itu teknologi AI oleh Fujitsu lainnya, juga sudah merambah banyak sektor seperti Financial Service Industry, Manufacturing, Public Sector, dan Kesehatan. Salah satu di antaranya adalah pada produk scanner Fujitsu.

"Berbicara tentang AI, bahkan produk scanner Fujitsu sudah memiliki teknologi tersebut. Bagaimana scanner tersebut dapat mengenali perilaku penggunanya seperti mendeteksi scan dalam folder apa atau jenis dari scan yang dilakukan," ujar Country Head of Fujitsu Platform Product, Joni Irwanto.

Selain paparan soal teknologi yang dimiliki Fujitsu, acara Fujitsu Asia Conference juga memamerkan beragam produk Fujitsu seperti printer, software, data center, cloud, serta scanner.

Artificial Intelligence Fujitsu Jadi 'Asisten' Juri di Kejuaraan Dunia
(prf/fay)