Senin, 10 Feb 2020 12:27 WIB

Emoji Baru Jari Terkuncup, Artinya Apa Sih?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ada emoji baru yang disebut dengan pinched fingers dan menuai banyak persepsi berbeda dari banyak orang di dunia. Meluncur pada Januari silam, emoji ini sebenarnya ditunjukkan untuk menggambarkan gestur Italia yang bermakna apa yang kamu inginkan?. Makna emoji jari terkuncup. Foto: Emojipedia/Unicode
Jakarta -

Ada emoji baru yang disebut dengan 'pinched fingers' dan menuai banyak persepsi berbeda dari banyak orang di dunia. Meluncur pada Januari silam, emoji ini sebenarnya ditunjukkan untuk menggambarkan gestur khas Italia yang bermakna 'apa yang kamu inginkan?'.

Dikutip dari BBC, kreator emoji ini mengungkapkan ia terinspirasi dari ungkapan 'orang Italia berbahasa dengan tangan mereka' dan menyadari kalau emoji ini bisa bermakna berbeda di berbagai negera.

"Kami berharap emoji ini akan digunakan secara luas tidak hanya di Italia dan negara-negara Mediterania lainnya, tetapi juga, secara lebih luas, di seluruh dunia karena meningkatnya popularitas budaya dan gaya hidup Italia," katanya.

"Anda akan menemukan orang menggunakan jari terkuncup ini di sebagian besar budaya, ini adalah tanda yang universal."

Sementara itu menurut jurnalis Kim Zetter, gestur ini di Israel memiliki arti orang tersebut tengah marah atau merasa terganggu.

https://twitter.com/KimZetter/status/1222645358179713024

Di India itu bisa menjadi cara bertanya apakah seseorang lapar. Di Arab pun maknanya jadi berbeda lagi. Gerakan ini bisa menjadi isyarat yang digunakan seorang ibu kepada anaknya.

Ada juga yang membubuhkan komedi di tengah ramainya pembahasan makna emoji tersebut.

Tak hanya itu, gestur ini juga kerap dilakukan oleh bintang K-Pop Yuri. Fans menganggapnya sebagai 'i mandu you' -- mandu adalah bahasa Korea dumpling. Mereka beranggapan itu adalah tanda dari 'aku cinta kamu' dari Yuri kepada mereka.

Kalau di Indonesia, makna jari terkuncup ini apa ya, detikers? Coba tuliskan pendapatmu di kolom komentar.



Simak Video "Siap-siap! Apple Akan Rilis Emoji Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)