Senin, 10 Feb 2020 07:31 WIB

Momen Penting yang Mengubah Hidup Jeff Bezos

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jeff Bezos Momen Penting yang Mengubah Hidup Jeff Bezos Foto: Associated Press
Jakarta -

Jeff Bezos mungkin telah berhasil mendirikan Amazon dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 126 juta. Tapi, saat masih menjadi mahasiswa di Princeton University, ia merasa bukan tidak begitu pintar di jurusannya.

Pada tahun 1980-an, Bezos merupakan mahasiswa jurusan fisika. Walau ia termasuk 25 murid teratas di jurusannya, Bezos merasa tidak cukup pintar dibanding teman-temannya dan telah memilih jurusan yang salah.

"Saya melihat ke sekeliling dan terlihat jelas bahwa ada lebih banyak mahasiswa yang jauh lebih pintar soal fisika dibanding saya, dan itu merupakan hal yang sangat mudah bagi mereka," kata Bezos kepada Wired yang dikutip detikINET dari CNBC, Minggu (9/2/2020).

"Ini semacam pencerahan yang mengejutkan, bahwa ada orang-orang ini yang otaknya bekerja dengan cara berbeda," sambungnya.

Bezos mendapatkan pencerahan ini saat kesulitan menyelesaikan soal matematika selama berjam-jam. Menurutnya, momen tersebut membuatnya sadar untuk mengejar karier yang lain.

"Itu merupakan momen yang penting bagiku, karena di momen tersebut saya sadar kalau tidak akan mungkin menjadi fisikawan yang hebat," jelasnya saat berbicara di Economic Club.

"Di dunia fisika teori, kalian harus bisa menjadi 50 orang teratas di dunia, atau kalian tidak akan memberikan banyak kontribusi," sambungnya.

Setelah itu, Bezos memutuskan untuk pindah jurusan. Pada tahun 1986, pria berusia 56 tahun ini lulus dari Princeton University dengan gelar sarjana teknik listrik dan ilmu komputer.

Pada tahun 1994, saat bekerja menjdai banker, Bezos melihat statistik yang mencatat bahwa web berkembang hingga 2.300% per tahun. Ia pun terinspirasi untuk meluncurkan Amazon sebagai toko buku online pada 1995. Kini bisnisnya tersebut telah berkembang sangat pesat dan memiliki valuasi lebih dari USD 1 triliun.



Simak Video "Amazon Blokir 1 Juta Produk yang Klaim Bisa Sembuhkan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)