Jumat, 31 Jan 2020 12:48 WIB

Awas Hoax Virus Corona! Ini Daftarnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ada Pihak yang Dapat Uang Dari Penyebaran Berita Menyesatkan Soal Virus Corona Ilustrasi hoax virus corona menyebar di masyarakat. Foto: ABC Australia
Jakarta -

Hoax yang berkaitan dengan virus corona semakin berkembang. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendeteksi adanya 36 hoax terhitung hingga Kamis sore (30/1/2020).

Jumlah tersebut meningkat dari hari sebelumnya yang mana Kominfo menemukan ada 19 hoax terkait virus corona di dunia maya.

Berdasarkan isi laporan Kominfo, kebanyakan informasi menyesatkan tersebut beredar media sosial. Adapun informasi ini tidak semuanya berjenis hoax, adapula yang merupakan disinformasi.

"Memperhatikan jumlah hoax terkait Virus Corona yang makin banyak ini, kita tentu sangat prihatin. Jangan sampai energi bangsa kita malah justru fokus pada hoax virus corona ketimbang pada pemberitaan mengenai langkah pemerintah mencegah virus Corona masuk ke wilayah Tanah Air kita," tutur Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu kepada detikINET.

Dilanjutkannya, Kominfo akan terus berusaha memerangi hoax dan disinformasi melalui internet, termasuk media sosial. Cyber patrol akan terus dilakukan, blokir hoax akan terus dilakukan.

Berikut laporan isu hoax berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo:

Awas Hoax Virus Corona! Ini Daftarnya

Selanjutnya
Halaman
1 2