Mau Tambah Sejuta Mitra, GrabKios Siapkan Amunisi Ini

Mau Tambah Sejuta Mitra, GrabKios Siapkan Amunisi Ini

Nurcholis Maarif - detikInet
Kamis, 30 Jan 2020 18:59 WIB
GrabKios
Foto: Nurcholis Maarif/detikcom
Jakarta -

GrabKios menargetkan tambahan 1 juta mitra warung yang diberdayakan hingga 2021. Untuk mencapai target itu, Grab menyiapkan strategi maupun tambahan layanan buat mitra untuk tahun 2020.

Head of GrabKios Agung Nugroho mengatakan, langkah pertama ialah dengan mengurangi biaya usaha dan menambah produk yang beragam dengan harga yang kompetitif. Pihaknya ingin melayani lebih dalam mitra GrabKios agar bisa mengakses barang kebutuhan dengan harga lebih murah.

"Artinya barang yang bisa mereka jual lagi. Kita suplai barang warung untuk dijual lagi. Warung yang berkaitan dengan kelontong dan warung makan, semuanya punya karakteristik masing-masing," ujar Agung di Gama Tower, Jakarta pada Kamis (30/1/2020).

"Kita lagi gencarkan barang kebutuhan warung, di 2020 kita tingkatkan free delivery untuk besok sampai. Pesan hari ini, besok sampai. Warung kalau belanja nggak harus tutup toko melalui aplikasi pesan, besok diantar free delivery, bayarnya bisa COD juga," jelas Agung.

Agung menjelaskan, GrabKios juga menggandeng Tanihub untuk menyuplai fresh product seperti sayuran dan buah-buahan ke mitra. Lalu juga ingin memperluas jangkauan produk grosir yang didistribusikan ke merchant GrabFood. Langkah kedua, kata Agung, yaitu dengan menyediakan akses tambahan modal usaha dan layanan keuangan untuk membantu warung meningkatkan usahanya.

"Kedua, asuransi ke warung. Ini asuransi menengah ke bawah yang salah satu menurut saya, kita terus meningkatkan keep innovating. Yang lagi kita push juga tentang micro lending. Kalau P2P lending itu langsung memasarkan produk pinjamannya, kita berpartner dengan mereka, jadi partner agregator," ujar Agung.

"Ada dua jenis pinjaman, ke agent dan ke consumer warung. Pemilik warung biasanya, mereka itu (meminjam) di bawah Rp 10 juta, tenornya bulanan. Kalau untuk cash loan di luar itu, lebih beragam tetapi proses assesmentnya tergantung penyelenggara pinjaman. Bisa bank atau P2P lending" jelas Agung.

Agung menjelaskan GrabKios juga akan menyediakan QRIS untuk mitranya. QRIS merupakan arahan dari Bank Indonesia sebagai bagian kampanye gerakan pembayaran nontunai di masyarakat dan penyeragaman QR Code. Adapun langkah ketiga, lanjut Agung, dengan menambah layanan maupun tambahan produk digital yang ditawarkan warung dan menambah penghasilan. Misalnya produk game voucher.

Mau Tambah Sejuta Mitra, GrabKios Siapkan Amunisi Ini
(prf/fay)