Masyarakat Diimbau Hindari Hoax Virus Corona

Masyarakat Diimbau Hindari Hoax Virus Corona

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 30 Jan 2020 16:34 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Seiring mewabahnya virus corona di berbagai penjuru dunia, banyak informasi palsu alias hoax yang mengiringnya. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengimbau agar masyarakat menghindari hoax-hoax tersebut.

"Banyak berita hoax dan saya sekaligus minta masyarakat untuk hindarilah hoax-hoax itu," ucapnya ditemui usai acara Kominfo Connect di Ecovention, Ancol, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Johnny juga mengatakan bahwa virus corona ini masalah medis, maka jangan informasi tersebut jangan sampai digiring dengan dampak pada ekonomi hingga politik.

"Corona ini masalah medis yang ditangani secara medis. Jangan dikaitkan dengan informasi atau menggiring itu dalam opini non-medis, seperti bisa berdampak pada ekonomi, politik, dengan membangun logika dan narasi yang tidak bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

Apabila informasi di atas ditemukan beredar di dunia maya, Kominfo bakal segera mengklarifikasi atau disinformasi yang beredar di masyarakat tersebut.

Ketika ditanya berapa banyak penemuan akun di media sosial yang menyebarkan hoax virus corona, Johnny hanya menyebutkan banyak saja tanpa mengatakan jumlah angkanya.

"Satu (akun medsos) aja kalau disebar beramai-ramai, dia akan jadi jutaan. Apalagi kalau banyak. Jangan sampai. Tolong deh, setiap hari dihadapkan hoax dan disinformasi. ini bukan bisnis, ini salah mengembangkan cerita hoax, mengembangkan kebiasaan disinformasi, itu kita berada di jalan salah," pungkas Menkominfo.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)