Selasa, 28 Jan 2020 13:54 WIB

Hati-hati, Video Palsu Kecelakaan Kobe Bryant Beredar di YouTube

Agus Tri Haryanto - detikInet
IRVINE, CA - JULY 26:  Kobe Bryant and daughter Gianna Bryant watch during day 2 of the Phillips 66 National Swimming Championships at the Woollett Aquatics Center on July 26, 2018 in Irvine, California.  (Photo by Harry How/Getty Images) Foto: Harry How/Getty Images
Jakarta -

Kematian tragis legenda NBA Kobe Bryant mengundang rasa penasaran netizen. Tak sedikit dari mereka terkecoh dengan video yang tersebar di YouTube.

Kobe tewas dalam kecelakaan helikopter di Calabas, Los Angeles, Minggu (26/1). Ia meninggal bersama dengan anaknya Gianna bersama tujuh orang lainnya yang ikut terbang di helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu.

Kejadian itu membuat netizen ingin tahu bagaimana detik-detik tewasnya Kobe di dalam helikopter miliknya lewat rekaman video yang beredar di internet, khususnya YouTube.

Sesaat Kobe dikabarkan meninggal, banyak oknum yang memanfaatkan situasi dengan mengunggah video kecelakaan udara yang dibumbui judul tokoh pebasket asal AS tersebut. Agar terkesan asli karena tidak ada yang mengatakan video itu palsu, kolom komentar pun ditutup.

Alih-alih dapat informasi yang dicari, netizen malah tertipu dengan video kecelakaan udara versi lain. Bahkan, dalam satu video di YouTube, dikutip dari Cnet, ditonton lebih dari 1,4 juta kali.

Ada juga video lainnya yang sudah ditonton lebih dari 325 ribu kali. Bedanya di video ini kolom komentar aktif, sehingga banyak yang marah karena video tersebut palsu. Makian juga dialamatkan YouTube karena membiarkan video seperti ini beredar luas dengan bebas.

Para oknum tersebut ada yang mengambil dokumen video kecelakaan helikopter pada Desember 2018 di Uni Emirat Arab. Helikopter yang diperuntukkan untuk penyelamatan mengalami kecelakaan dan menewaskan empat orang.

Untuk saat ini, seperti diberitakan Cnet, YouTube belum menanggapi perihal beredarnya video kecelakaan palsu Kobe Bryant.

Hati-hati, Video Palsu Kecelakaan Kobe Bryant Beredar di YouTube


Simak Video "Saksi Mata: Ada Beberapa Ledakan dari Helikopter Kobe Bryant"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)