Senin, 27 Jan 2020 15:31 WIB

Aneka Penyakit Berbahaya Punya Jarak Seabad, Netizen: Kebetulan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Coronavirus atau virus corona tengah menjadi isu genting yang dihadapi dunia. Foto: iStock
Jakarta -

Coronovirus atau virus corona dengan cepat menyebar dan makan banyak korban. Kasus yang pertama merebak di Wuhan, China ini pun telah merebak di 13 negara. Di tengah kasus yang merebak itu, cuitan salah seorang warganet Twitter dengan akun @abdesutki96 menaruh perhatian netizen.

"Baru menyadari bahwa dunia memiliki wabah baru di sekitar waktu yang sama selama beberapa abad terakhir," tulisnya.

Ia pun menjelaskan dengan beberapa unggahan foto mengenai beberapa penyakit yang menyebar dengan rentang kisaran satu abad.

Ia memulai dengan wabah Marseille yang terjadi pada tahun 1720 di Prancis yang memakan korban 100 ribu orang. Selanjutnya, ia membahas mengenai pandemi kolera pertama yang berlangsung pada 1817-1824 dan mengenai dari bagian Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika timur dan pesisir Mediterania. Kedua isu penyakit ini memiliki jarak sekitar 100 tahun.

Lalu tak luput dari perhatian, ada juga bahasan mengenai Spanish Flu yang terjadi pada 1918-1920 yang menginfeksi 500 juta orang di seluruh dunia yang lagi-lagi memiliki jarak 100 tahun dari pandemi kolera pertama.

Beragam respon netizen pun berdatangan dengan cuitan tersebut. Banyak yang merasa takut namun ada juga yang beranggapan itu hanyalah 'cocoklogi'.

"Dan sekarang 2020. Kebetulan?" kata salah seorang warganet.

"Cocoklogi," yang lain memberi tanggapan skeptis.

"Ini mengerikan," kata yang lain.

Aneka Penyakit Berbahaya Punya Jarak Seabad, Netizen: Kebetulan?


Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)