Sabtu, 25 Jan 2020 07:26 WIB

Dari Mana Influencers TikTok Dapat Uang?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Cara mendapatkan uang dari TikTok. Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

TikTok menjadi salah satu platform video pendek yang menarik perhatian banyak orang dan menghasilkan banyak influencer. Berbeda dengan YouTube, cara mendapatkan uang cukup berbeda.

"Di YouTube, Anda mendapatkan uang dari views yang didapatkan, tapi di TikTok, Anda tidak mendapatkan uang dari view untuk sekarang," kata Javi Luna, kreator TikTok yang memiliki 4 juta followers.

TikTok memang tidak menawarkan monetisasi di platformnya, namun banyak juga orang yang mendapatkan uang dengan endorsement atau kerjasama brand. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan live streaming dan mengandalkan tips yang diberikan audiens.

Meski ada iklan di TikTok sekarang, tetapi tidak ada yang berlangsung di tengah-tengah video kreator TikTok. Ini dikarenakan video TikTok yang relatif pendek, tidak lebih dari 60 detik.

"(Perusahaan TikTok) mengeksplorasi berbagai peluang untuk menciptakan nilai bagi mitra kami, dengan fokus utama kami adalah menciptakan pengalaman hebat bagi komunitas," kata perwakilan TikTok kepada The Verge.

Juru bicara tersebut pun tidak menyebutkan apakah AdSense akan hadir ke platform TikTok.

"TikTok adalah platform untuk pengalaman yang kreatif, seru, dan positif. Brand yang kami lihat paling sukses adalah mereka yang kreatif," sambungnya.



Simak Video "Marshanda Sebut Dirinya Trendsetter TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)