Kamis, 23 Jan 2020 13:09 WIB

Heboh Channel YouTube Calon Sarjana Tiba-tiba Menghilang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Heboh Channel YouTube Calon Sarjana Tiba-tiba Menghilang Foto: (Youtube)
Jakarta -

Calon Sarjana, channel YouTube yang beberapa waktu lalu sempat membuat heboh karena plagiat konten, tiba-tiba menghilang. Hal ini pun menyulut rasa penasaran netizen.

Rupanya channel tersebut dilaporkan menghilang pada Rabu (22/1) malam. Saat akunnya diklik, muncul pemberitahuan yang mengatakan channel tersebut telah dimatikan karena klaim pelanggaran hak cipta dari berbagai pihak ketiga.

Selain itu, channel Calon Professor yang merupakan saudara dari Calon Sarjana juga menghapus semua video-videonya. Hanya channel Calon Sutradara dan Calon Atlet yang masih belum tersentuh. Tapi pada hari ini, Kamis (23/1) berdasarkan pantauan detikINET, channel Calon Sarjana masih ada di YouTube. Tapi, channel tersebut hanya memiliki 2,54 juta subscriber, bukan 13 juta seperti sebelumnya, dan tidak ada video yang diunggah di channel tersebut.

Mata jeli netizen di Twitter pun berhasil mengungkap asal-usul reinkarnasi channel Calon Sarjana. Rupanya mereka hanya mengganti nama channel saudara mereka yang awalnya Calon Ilmuwan menjadi Calon Sarjana.

Menghilangnya channel YouTube yang dimiliki Infia ini juga menarik perhatian JT, YouTuber yang protes dan mengungkap praktek plagiat Calon Sarjana beberapa bulan yang lalu. Lewat akun Twitter miliknya, @JTonYouTube, ia menulis bahwa akun Calon Sarjana sudah 'terminated' atau dimatikan.

Netizen pun menyambut berita ini dengan gembira dan guyonan di Twitter. Banyak yang berkelakar hilangnya akun Calon Sarjana dikarenakan ia telah lulus dan wisuda.

"Calon Sarjana sudah lulus ya?" tulis seorang netizen.

"Calon Sarjana wisuda?? revisi brp kali tuh skripsinya," kelakar netizen lain.

"What the ...? Pagi2 liat trend twitter begini? Awalnya gk percaya setelah disearch di youtube dan social blade akunnya memang sudah ditake down sama pihak youtube? 13juta subs, Calon Sarjana kini sudah Sarjana, congratulations," tulis netizen lainnya.



Simak Video "Ramai di Medsos, Konten YouTube Calon Sarjana Diduga Plagiat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)