Selasa, 21 Jan 2020 21:01 WIB

Gegara Netflix, Instagram Sembunyikan Jumlah Like

Agus Tri Haryanto - detikInet
Gegara Netflix, Instagram Sembunyikan Jumlah Like. Foto: iStock
Jakarta - Instagram memutuskan untuk menyembunyikan jumlah like di platformnya. Keputusan ini menimbulkan kontroversi. Rupanya, di balik kebijakan tersebut ada peran Netflix di dalamnya.

Adam Mosseri yang kini memimpin media sosial berbagi foto dan video itu menceritakan, pada suatu hari ia bersama timnya menggelar rapat untuk membahas proyek yang diberi nama Project Daisy.



Proyek tersebut memiliki tujuan utama, yakni menghilangkan jumlah like di depan umum, baik itu konten foto maupun video. Cara ini, kata Mosseri, agar Instagram jadi platform yang lebih baik lagi.

Kebijakan ini menurutnya akan menghilangkan kompetisi memikirkan bagaimana caranya mendapatkan jumlah like yang banyak, namun fokus kepada sosialisasi dengan orang-orang jadi tujuannya.

Ternyata, seperti dilansir dari New York Times, Selasa (21/1/2020) Mosseri punya ide tersebut usai menonton tayangan Black Mirror di Netflix.



Ia memang tidak menyebutkan secara spesifik. Tetapi, berdasarkan penuturannya, kemungkinan terilhami dengan tayangan Nosedive yang ada Season 1 episode 3 di Black Mirror. Di episode tersebut dikisahkan bagaimana kehidupan tergantung dari jumlah rating. Orang yang mendapatkan rating kecil, ia bisa dikucilkan.

Selain itu, keputusan Mosseri ini juga dilatarbelakangi pengalaman ia saat bertugas di Facebook yang ketika itu ia harus mengawasi Beranda Facebook agar tidak memunculkan konten kontroversial.

"Kita seharusnya mulai berpikir lebih proaktif tentang bagaimana Instagram dan Facebook dapat disalahgunakan dan mengurangi risiko-risiko tersebut," ujar Mosseri.



Gegara Netflix, Instagram Sembunyikan Jumlah Like


Simak Video "Bikin Best Nine Instagram Sendiri Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)