WhatsApp Down Minggu Malam, Penyebab dan 9 Peristiwa Serupa di 2019

WhatsApp Down Minggu Malam, Penyebab dan 9 Peristiwa Serupa di 2019

Rosmha Widiyani - detikInet
Senin, 20 Jan 2020 13:07 WIB
Foto: iStock/WhatsApp Down Minggu Malam, Penyebab dan 9 Peristiwa Serupa di 2019
Jakarta - WhatsApp down kembali terjadi pada hari Minggu (19/1/2019) malam yang menyebabkan pengguna tak bisa mengirim foto dan gambar. Gangguan layanan ini sempat menjadi trending hingga muncul hashtag #whatsappdown di Whatsapp Down Twitter

Berita WhatsApp Down sebetulnya bukan hanya terjadi kemarin malam saja. Sepanjang 2019, ada 5 peristiwa serupa yang dirasakan pengguna hingga tak bisa mengirim atau menerima pesan WhatsApp. Gangguan ini meliputi pesan yang dikirim dalam bentuk teks, foto, dan video.

1. 22 Januari 2019

Dikutip detikINET dari Independent, WhatsApp Down pada sekitar 7 jam lalu di wilayah Inggris. Durasi gangguan kabarnya sampai 90 menit dan membuat sebagian pengguna panik

2. 14 Maret 2019

Peristiwa WhatsApp Down kali ini diawali tumbangnya layanan pada Instagram dan Facebook. Sejumlah pengguna melaporkan kesulitan mengirim gambar yang kemudian curhat lewat Twitter

3. 14 April 2019

WhatsApp Down terjadi di berbagai belahan dunia. Ini adalah kesekian kalinya layanan Facebook itu mengalami tumbang. Selain WhatsApp, beberapa user juga lapor mengalami gangguan mengakses Facebook dan Instagram

4. 22 Mei 2019

Sebagian pengguna Indonesia terimbas gangguan milik Facebook ini. Selain dari Indonesia, pengguna yang terdampak WhatsApp Down berasal dari Amerika Serikat, Brasil, dan Malaysia.

5. 3 Juli 2019

Sama seperti kejadian WhatsApp Down sebelumnya, hal serupa terjadi pada layanan Facebook dan Instagram. Tumbangnya layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram pada tahun 2019 terbilang cukup sering dibanding beberapa tahun sebelumnya.
Kenapa WhatsApp Down? Dikutip dari detik INET, masalah ini mungkin berkaitan dengan upaya integrasi antara WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Dalam uji coba integrasi bisa jadi masalah yang menyebabkan tumbang massal.

"Rencana ini, yang masih dalam tahap awal dengan tujuan selesai akhir 2019 atau awal 2020, membutuhkan ribuan karyawan Facebook untuk melakukan konfigurasi bagaimana fungsi WhatsApp, Instagram, dan Messenger di level yang paling dasar," tulis New York Times.

Cek WhatsApp Down bisa dilakukan lewat situs Down Detector pada live outage map. Biasanya ada sejumlah negara berwarna merah dan kuning, yang menandai adanya pengecekan layanan Instagram dan WhatsApp akibat adanya gangguan layanan. Sampai kapan WhatsApp Down belum bisa diketahui, mungkin jika integrasi ketiga layanan sudah terjadi yang memungkinkan pengiriman pesan antar platform.

Simak Video "Warganet di Twitter Mengeluh soal #whatsappdown"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)