Begini Rasanya Bekerja di SpaceX dan Punya Bos Elon Musk - Halaman 2

Begini Rasanya Bekerja di SpaceX dan Punya Bos Elon Musk

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 16 Jan 2020 20:42 WIB
Foto: Elon Musk

"Hampir tak ada ruang privat, hampir semua orang punya sebuah kubikel, termasuk Elon. Kamu mendapat akses penuh ke pabrik. Mengagumkan melihat proses pembangunan roket, dari awal sampai selesai," kisahnya. Bahkan ada kamera merekam dan karyawan bisa melihat proses produksi di meja masing-masing.

"Komunikasi sangat terbuka dan bahkan Elon bisa didekati jika kamu punya alasan bagus. Siapa saja di perusahaan bisa mengirim email atau berbicara padanya. Aku bahkan pernah memberinya hadiah ultah berupa action figure Iron Man dengan kepalanya," kisah Josh.

Kerja sangat panjang sudah biasa. "Walau tak ada yang memaksa, kamu akan bekerja sangat panjang, hanya untuk mengerjakan tugas. Aku sering sampai larut malam dan tak pernah merasa sendirian. Pabrik selalu hidup tak peduli siang atau malam," ujarnya.


"Kami akan bekerja keras dan berpesta gila-gilaan. Tak jarang orang bekerja lebih dari 12 jam sehari. Tapi waktu berlalu cepat dan tak pernah membosankan karena selalu ada pekerjaan menarik," ceritanya lagi.

Sebagai hiburan, mereka kadang nonton bioskop bareng. Kadang juga diadakan pesta oleh perusahaan. "Pesta SpaceX sungguh edan. Elon tahu bagaimana berpesta," tulis Josh.

Para karyawan umumnya sangat bangga bisa bekerja di SpaceX. Setiap kali ada peluncuran roket, ruang kontrol jadi padat dan banyak teriakan penyemangat. Jika peluncuran berhasil, mereka sangat puas.

"Jika terjadi kegagalan, tentu ada kesedihan, tapi tidak akan menghentikan kami untuk bekerja atau menurunkan motivasi. Kebanggaan untuk perusahaan sukar dipercaya," tandasnya. (fyk/fay)