Jumat, 10 Jan 2020 11:33 WIB

Dengan QRIS, DANA Percepat Inklusi Keuangan Digital di Indonesia

Angga Laraspati - detikInet
Foto: Dok DANA Foto: Dok DANA
Jakarta - Dalam mempercepat terwujudnya inklusi keuangan dan budaya transaksi non tunai di Indonesia, DANA telah menghadirkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk mendukung hal tersebut. Lewat QRIS, masyarakat kini dapat menggunakan dompet digital DANA untuk melakukan segala transaksi di semua merchant yang telah menyediakan kode QR bertanda QRIS.

CEO dan Co- Founder DANA, Vincent Iswara menyatakan DANA optimis implementasi QRIS akan meningkatkan ekonomi digital nasional karena QRIS lebih efisien dan produktif, serta membantu inklusi finansial digital.


"Aplikasi DANA telah memiliki fitur pemindaian yang mampu membaca QRIS. Selain itu, perangkat-perangkat DANA yang terpasang di berbagai mitra merchant juga telah mengadopsi QRIS. Dengan begitu, baik pengguna maupun mitra merchant DANA telah siap melakukan transaksi menggunakan DANA QRIS," ungkap Vincent dalam keterangan tertulis, Jumat (10/1/2020).

Menurut Vincent, penerapan DANA QRIS juga membuka peluang yang makin besar dalam mengedukasi masyarakat akan manfaat bertransaksi non tunai. Masyarakat juga akan dapat merasakan nyamannya menggunakan DANA.

Selain itu, Penerapan DANA QRIS sangat menguntungkan pengguna dompet digital dan merchant dengan adanya perluasan akses, serta adanya efisiensi dalam bertransaksi melalui satu kode QR yang dapat dibaca oleh beragam aplikasi pembayaran digital QRIS.

"Dengan adanya DANA QRIS, pelaku usaha maupun puluhan jutaan pengguna dompet digital DANA bisa merasakan DANA QRIS yang praktis, mudah dan aman," kata Vincent.

QRIS juga telah memiliki Kode QR standar nasional yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia sehingga Indonesia hanya membutuhkan satu QR untuk semua pembayaran. Penerapan DANA QRIS juga dapat menjadi jembatan yang efektif bagi masyarakat untuk mengenal konsep dompet digital secara utuh melalui penggunaan DANA di setiap transaksi digital yang mereka lakukan. Masyarakat juga dapat merasakan kepraktisan bertransaksi dengan dompet digital tanpa perlu repot melakukan top up saldo.


"Pengguna DANA bisa langsung menggunakan sumber dana dari Kartu Debit atau Kartu Kredit yang tersimpan pada dompet digital DANA berkat fitur penyimpanan kartu (Card Binding). Jaminan proteksi 100% bagi pengguna DANA juga kami harapkan akan makin menguatkan kepercayaan dan rasa aman dalam menjalankan setiap transaksi," tutur Vincent.

Sebagai informasi, bagi pengguna DANA, tidak ada perbedaan cara bertransaksi lewat DANA QRIS dengan menggunakan aplikasi dompet digital DANA. Pengguna DANA cukup melakukan scan QRIS yang tersedia di merchant-merchant yang memiliki QRIS, lalu memilih sumber dana untuk pembayaran. Sementara non-pengguna DANA cukup membuka aplikasi pembayaran yang mereka gunakan, lalu melakukan pemindaian DANA QRIS yang tersedia di merchant DANA. (ega/ega)