Sepakat Menkominfo, Ini Permintaan Wishnutama Pada Netflix

Sepakat Menkominfo, Ini Permintaan Wishnutama Pada Netflix

Ibnu Hariyanto - detikInet
Kamis, 09 Jan 2020 20:49 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate baru-baru ini meminta Netflix memperbanyak konten dari Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama pun mengeluarkan pernyataan serupa.

Wishnutama mengatakan dirinya mendorong Netflix melakukan investasi di Indonesia. Dia juga mengatakan, telah berbicara dengan Menkeu Sri Mulyani dan Menkominfo Johnny G Plate mengenai bagaimana caranya agar perusahaan yang basisnya di luar negeri diterapkan pajak digital.

"Jadi kalau lihat permasalahannya harus komprehensif juga nih. Karena Netflix menurut saya juga harus bekerja sama dengan local content creator dan juga apa namanya, selain itu ada harus membesarkan produk Indonesia yaitu bekerja sama dengan PH-PH Indonesia sehingga memberikan manfaat juga untuk dunia ekonomi kreatif di Indonesia, bukan hanya sekadar bawa program dari luar," sebutnya saat diwawancarai media di Gedung Merah Putih, KPK, Kamis (9/1/2019).

"Seperti yang Pak Menkominfo sampaikan juga, kita harus sampaikan pada Netflix di Indonesia itu jangan pakai Netflix original dulu. Harus mengajak kerja sama production Indonesia jangan sampai kaya Hollywood, jangan sampai kaya di Amerika akhirnya production-production film di Amerika kalah saing dengan Netflix original," sambungnya.

Dia kembali menegaskan agar perusahaan digital yang pusatnya dari luar Indonesia memiliki badan hukum di Indonesia, melakukan investasi di Indonesia, dan sebaiknya melibatkan tenaga kerja Indonesia. Dengan demikian, masuknya mereka memberikan dampak dan manfaat dari sisi ekonomi kreatif.

"Netflix masuk Indonesia karena pangsa pasar yang besar jangan cuma dijadikan consumer doang," tutupnya.

Simak Video "Divonis Bersalah oleh PTUN, Ini Respons Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)