Miliarder Ini Bagi-bagi Duit Rp 125 Miliar ke Follower Twitter

Miliarder Ini Bagi-bagi Duit Rp 125 Miliar ke Follower Twitter

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 09 Jan 2020 18:00 WIB
Yusaku Maezawa. Foto: (Instagram/@yusaku2020)
Jakarta - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa bikin heboh jagat Twitter lagi. Ia mengumumkan akan bagi-bagi duit dengan total USD 9 juta atau setara Rp 125 miliar!

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Kamis (9/1/2020) Maezawa menjanjikan memberikan sejumlah uang kepada 1.000 followers di akun Twitter-nya. Masing-masing menerima 1 juta Yen (USD 9.000).

Itu artinya, secara keseluruhan Maezawa merogoh kocek sebesar USD 9 juta bagi para pengikutnya di media sosial berlogo burung ini. Untuk mendapatkannya, netizen harus me-retweet postingannya sejak 1 Januari.


Sebagai catatan, meski sudah me-retweet postingan miliarder Jepang tersebut, bukan berarti langsung meraup 1 juta Yen. Sebab, pemenangnya diketahui usai ia memilih secara acak 1.000 follower yang beruntung.

"Ini merupakan (bentuk) eksperimen sosial yang serius," ucap dia.

Alasan dilakukan eksperimen Maezawa dengan bagi-bagi duit ini terbilang sederhana. Ia mengatakan ingin membantu meningkatkan kebahagiaan orang-orang.

Nantinya, bagi yang beruntung menerima uang tersebut, dia akan melakukan survei secara berkala untuk mengetahui dampak yang dirasakan orang tersebut usai menerima 'durian jatuh'.


Bagi-bagi duit alat Maezawa di Twitter bukanlah pertama kalinya. Setahun yang lalu, ia pernah memberi uang 1 juta Yen kepada 100 orang. Jika ditotal, ia akan membagikan 100 juta Yen atau sekitar Rp 13 miliar secara cuma-cuma.

Sebagai pendiri salah satu retailer terbesar di Jepang, Maezawa terbilang punya kocek tebal. Bagaimana tidak, ia bahkan mampu membeli kursi untuk menjadi turis pertama yang mengelilingi Bulan dengan roket milik SpaceX.

Berdasarkan catatan pada September 2019, Maezawa merupakan orang terkaya ke-22 di Jepang. Kekayaan itu berasal dari sukses mendirikan perusahaan Zozo sejak 1998 yang menjadi perusahaan retail online terbesar di Jepang.



Simak Video "Cegah Pelecehan, Twitter Hadirkan Fitur Batasi Tweet Balasan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)