Rabu, 08 Jan 2020 14:48 WIB

CES 2020

Soal Privasi, Facebook: Kami Sama Baiknya dengan Apple

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Facebook VP, Public Policy and Chief Privacy Officer for Policy Erin Egan (kiri) dan Apple Senior Director, Global Privacy Jane Horvath. Foto: David Becker/Getty Images
Jakarta - Ada sebuah diskusi menarik di ajang CES 2020 yang bertajuk 'privacy roundtable', di mana Facebook mengklaim kalau mereka menjaga privasi pengguna sama baiknya seperti Apple menjaga privasi penggunanya.

Dalam diskusi tersebut, Facebook diwakili oleh Erin Egan, yang merupakan chief privacy officer di perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut. Sementara Apple diwakili oleh Jane Horvath, yang menjabat global privacy senior director.

Ada juga Rebecca Slaughter, komisioner dari Partai Demokrat AS di Federal Trade Commission, serta global privacy officer dari Procter & Gamble's yang bernama Susan Shook.

Diskusi tersebut dipadati oleh ratusan pengunjung, bahkan sampai-sampai ruangannya tak cukup. Wajar saja, karena privasi belakangan ini adalah topik yang cukup panas jadi pembahasan banyak pihak.


Dalam beberapa kesempatan, Egan menyebut Facebook mempunyai perlindungan privasi data pengguna yang sama baiknya dengan Apple. Sementara Apple sendiri memang selalu menggunakan privasi data pengguna sebagai nilai tambah mereka.

Meski Egan mengaku Facebook pun menjaga privasi pengguna, ia tak menutupi kalau model bisnis utama Facebook, yaitu periklanan yang bergantung pada data penggunanya. Sementara Apple mengandalkan pemasukan dari penjualan perangkat dan layanan.


"Di Facebook kami mempunyai model bisnis yang berbeda dibanding Apple, namun kedua model bisnis ini sama-sama terlindungi privasinya. Kami sangat berkomitmen untuk melindungi privasi dan model bisnis iklan kami," ujar Egan.

Di CES 2020 Facebook pun mengumumkan pembaruan dari fitur Privacy Checkup miliknya. Kemampuan fitur tersebut pun dipamerkan oleh Facebook di ajang tahunan yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat tersebut.

Simak Video "Tandingi Apple TV, Facebook Bakal Bikin Streaming TV"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)