World War 3 Mendadak Trending, Eh Kok Seram Ya?

World War 3 Mendadak Trending, Eh Kok Seram Ya?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 03 Jan 2020 15:34 WIB
Ilustrasi. Foto: twitter
Jakarta - World War 3 tiba-tiba menempati posisi 3 trending topic di Twitter wilayah Indonesia dan WWIII ada di posisi kesembilan. Untuk wilayah dunia, Iran dan World War 3 menempati ranking pertama dan kedua. Ada apa gerangan?

Rupanya, melesatnya topik dengan jutaan tweet sudah diposting itu adalah imbas pembunuhan Komandan Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, dalam serangan di Bandara Baghdad, Irak. Serangan lewat drone dilakukan militer Amerika Serikat atas perintah Presiden AS Donald Trump.

Garda Revolusi Iran mengonfirmasi kematian Soleimani. Serangan udara itu juga dilaporkan menewaskan Abu Mahdi al-Muhandis yang menjabat wakil komandan Hashed al-Shaabi atau Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) -- milisi pro-Iran di Irak.


Disebutkan Pentagon, Soleimani mengatur serangan terhadap pangkalan koalisi di Irak, termasuk 27 Desember 2018 saat serangan roket menewaskan seorang kontraktor sipil AS. "Soleimani juga menyetujui serangan terhadap Kedubes AS di Baghdad pekan ini," ujar Pentagon.

Tak heran jika hal itu menjadi topik sangat panas di dunia maya. Cukup banyak yang mencemaskan akan meletus perang skala besar atau bahkan perang dunia akibat peristiwa ini.

"AS baru membunuh seseorang yang setara wakil presiden Iran. Sulit melihat hal ini tidak akan memuncak menjadi perang. Tak heran Perang Dunia 3 trending," tulis seorang warganet.

"Saya ingat Barack Obama menjaga perdamaian dengan Iran dan mencegah Perang Dunia 3. Sekarang Donald Trump mencoba memulai Perang Dunia 3 sehingga ia tetap bisa jadi Presiden," tulis yang lain.

"Mayoritas warga AS ingin perawatan kesehatan lebih baik, gaji lebih tinggi, tidak ada perang. Trump malah mulai perang," protes yang lain.


"Tweet Perang Dunia III berlebihan karena saya tidak yakin Iran adalah ancaman militer buat AS," sebut komentar berikutnya.

"Iran tidak berada dalam posisi untuk merespons secara militer. Jangan takut, Perang Dunia III takkan terjadi,"

Banyak juga netizen yang menanggapi kabar tersebut dengan nada bercanda. Banyak meme bertebaran dengan topik tersebut.



Simak Video "Juara Liga Inggris, Liverpool Puncaki Trending Topic Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)