Siap-siap, WhatsApp Bakal Bertebaran Iklan

Siap-siap, WhatsApp Bakal Bertebaran Iklan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 03 Jan 2020 13:53 WIB
Aplikasi WhatsApp. Foto: Getty Images
Jakarta - Tahun 2020 ini dipastikan akan ada perubahan besar di WhatsApp. Iklan bakal lalu lalang di aplikasi messaging terbesar dunia ini, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ya, sejak berdiri pada tahun 2009, WhatsApp sampai saat ini tidak ada iklan. Tapi pertengahan tahun silam, Facebook selaku pemilik WhatsApp telah mengumumkan iklan akan masuk WhatsApp pada tahun 2020 ini, baik di versi Android maupun iOS.

Pengumuman tersebut dibuat Facebook di event Facebook Marketing Summit. Analis media sosial Matt Navarra berhasil mengambil foto dari presentasi yang memperlihatkan tampilan iklan tersebut yang akan muncul di fitur Status


Iklan yang muncul terlihat sama dengan postingan status WhatsApp seperti biasa dan memenuhi seluruh layar. Bedanya jika status WhatsApp memperlihatkan nama kontak, di iklan ini terlihat nama perusahaan yang memasang iklan.
Siap-siap, Iklan Bakal Lalu Lalang di WhatsAppRencana iklan di Status WhatsApp. Foto: istimewa

Selain itu di bawah iklan ini akan ada link yang dapat di-swipe up untuk melihat informasi lebih lanjut tentang produk yang diiklankan.

Belum diketahui apakah untuk saat ini Facebook memiliki rencana desain lain untuk iklan di dalam WhatsApp. Mungkin saja perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, AS ini dapat menampilkan iklan alternatif yang lebih kecil yang muncul di antara daftar percakapan.

Saat pengumuman itu tersebar, sebagian pengguna WhatsApp mengutarakan rasa kecewa. "Saya tidak mau ada iklan. Lebih baik bayar USD 50 setahun agar bebas iklan," tulis seorang netizen.