IndoXXI Tutup, Netizen Sibuk Cari Pelarian

IndoXXI Tutup, Netizen Sibuk Cari Pelarian

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 01 Jan 2020 19:19 WIB
IndoXXI Tutup, Netizen Sibuk Cari Pelarian (Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Sesuai janjinya, situs streaming film online IndoXXI menutup lapaknya. Netizen ada yang berterima kasih, sembari mencari situs penggantinya.

"Goodbye 2019, goodbye IndoXXI, terima kasih," begitulah pesan yang muncul saat netizen membuka situs streaming film online IndoXXI, Rabu (1/1/2019).



Situsnya sudah tidak bisa dibuka lagi, hanya ada tautan ke situs kuis online. Netizen pun ramai bersuara di Twitter dengan tagar #indoxxipamit.


Namun tampaknya, penutupan situs IndoXXI per 1 Januari 2020 tidak mengurangi kebiasaan netizen menonton film bajakan online. Ibarat kata, mati satu tumbuh seribu.


Walhasil, selanjutnya yang terjadi sepanjang hari ini mereka berbagi link-link terbaru reinkarnasi IndoXXI atau situs nonton film online sejenisnya. Beberapa alamat situs sudah beredar dan saat dicek, layoutnya sama persis seperti IndoXXI, sekadar ganti nama saja rupanya.

Sebelumnya, langkah ini sudah diprediksi banyak pihak. Selama ada kebiasaan menonton film bajakan, situs seperti IndoXXI hanya akan berganti alamat saja. Netizen pun sepertinya tidak peduli soal risiko keamanan dari menonton film bajakan online karena gratis.



"Terkadang banyak user yang cuek demi bisa nonton film bajakan gratis," kata Alfons Tanujaya, pakar keamanan perangkat dan siber dari Vaksincom.

"Mereka yang mau nonton konten legal tapi akses terhalang, contohnya di kotanya tidak ada bioskop, mau nonton Netflix tapi diblokir, Disney+ belum tersedia. Mereka terpaksa pakai jalur bajakan. Mereka inilah yang berpotensi bisa pindah ke situs legal bila dipermudah aksesnya," kata sineas sekaligus CEO Rombak Media Dennis Adhiswara.

Simak Video "Soal Netflix Diblokir Telkom, Ini Kata Menkominfo Johnny"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)