Rabu, 01 Jan 2020 08:08 WIB

Tepati Janji, IndoXXI Resmi Tutup Layanan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Menepati janjinya, situs streaming film bajakan IndoXXI resmi tutup layanan per tanggal 1 Januari 2020.

Pantauan detikINET di alamat 103.194.171.75 dan situs afiliasinya pada Rabu (1/1/2020) masih bisa diakses. Hanya saja tidak bisa mengklik film di dalamnya lantaran terhalang pesan pop-up ucapan perpisahan dari IndoXXI.


"Goodbye 2019. Goodbye IndoXXI. Terima kasih," tulis pesan pop-up tersebut.

Di bagian bawah terdapat link yang bila diklik pengunjung akan dihantar ke laman kuis berhadiah.

Seperti diketahui setelah sempat kucing-kucingan dan akan disikat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akhirnya IndoXXI memutuskan tutup layanan streaming film.

Tepati Janji, IndoXXI Resmi Tutup LayananFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Pengumuman tersebut disampaikan langsung lewat situsnya pada 24 Desember lalu. Disebutkan terhitung awal tahun, IndoXXI tidak lagi menayangkan film di website mereka demi mendukung industri kreatif.

"Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik," tulis IndoXXI.

Terkait rencana itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan tindakan itu memang sudah seharusnya dilakukan.

Menkominfo Johnny Plate.Menkominfo Johnny Plate. Foto: detikINET/Adi Fida Rachman

"Yang terpenting saat ini ada kesadaran dari pihak pemilik situs yang menyadari bahwa itu salah dan stop," ujar Johnny

Menurutnya menonton atau menyebarkan konten bajakan dapat berefek buruk bagi Indonesia. Tidak hanya menghambat program investasi yang tengah digaungkan pemerintah, efek jangka panjang dapat mematikan kreativitas anak bangasa sendiri.


"Mulanya film, nanti berkembang ke yang lain. Negara kita ini sangat menghormati yang namanya kekayaan intelektual, tentu kita harus menghormati intelektual bangasa lain," kata Menkominfo.

Simak Video "Soal Netflix Diblokir Telkom, Ini Kata Menkominfo Johnny"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)