Sabtu, 21 Des 2019 08:08 WIB

Pemkot Bandung Diminta Wadahi Developer IT Muda

Mukhlis Dinillah - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Bandung - Kota Bandung memiliki segudang talenta developer IT muda yang eksis mengembangkan startup 'unicorn' di Indonesia. Namun, sayang perkembangan startup di Kota Bandung sendiri kurang menonjol.

Hal itu terungkap dalam diskusi bertajuk 'optimalisasi peran pemuda dalam membangun Kota Bandung yang nyaman, unggul dan sejahtera' di Bober Cafe, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019) malam.


Ketum Himpi Kota Bandung Surya Batara Kartika mengatakan peran pemuda dalam pembangunan sangat penting. Salah satunya dalam pertumbuhan ekonomi dengan mencetak banyak wirausahawan muda.

"Dengan semakin banyak anak muda jadi pengusaha, lapangan kerja terbuka luas. Maka otomatis ekonomi tumbuh," kata Surya dalam pemaparannya.

Menurutnya banyak sektor yang bisa digarap anak muda Kota Bandung seperti industri kreatif, jasa pariwisata hingga teknologi informasi. Sudah cukup banyak anak muda yang sukses menjadi wirausahawan di sektor tersebut.

Pemkot Bandung Diminta Wadahi Developer IT MudaFoto: Mukhlis Dinillah/detikcom


Dia mengatakan khusus bidang IT, banyak talenta-talenta developer yang berperan mengembangkan perusahaan digital di tanah air. Namun, di sisi lain justru perkembangan startup di Bandung tak begitu pesat.

"Padahal Bandung ini core-nya unicorn Indonesia. Nah di sini peran pemerintah juga penting hadir," ungkap dia.

Dia menyatakan pemerintah ikut mempromosikan karya-karya developer Kota Bandung. Sekaligus mewadahi komunitas-komunitas agar ekosistemnya tumbuh dan berkembang.

"Pemerintah harus lebih aktif upaya promosi. Pemkot bisa mencoba buat katalog aplikasi apa saja yang dibuat anak Bandung," tutur dia.


Kabid Kepemudaan Dispora Kota Bandung, Dadang Setiawan mengatakan pihaknya akan mengakomodir developer muda untuk ikut mewujudkan 'Bandung Smart City'. Mereka akan dilibatkan secara langsung dalam berbagai pengembangan.

"Mereka diberdayakan untuk mengelola smart city jadi otomatis developer ini terwadahi. Peluang juga banyak tidak hanya pemerintahan saja," ungkap dia.

Ia mengakui sejauh ini belum ada pembinaan berkelanjutan dari pemerintah terhadap developer IT di Kota Bandung. Pihaknya berjanji akan mengaplikasikannya di waktu mendatang.

"Pembinaan lebih lanjut menang kita belum. Tapi ini jadi masukan buat kami ke depannya," ujar Dadang.

Simak Video "Menkominfo Sebut Startup Pendidikan Sebagai Calon Kuat ''The Next Unicorn''"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/afr)