Startup Seperti Apa yang Bisa Tarik Perhatian Investor?

Startup Seperti Apa yang Bisa Tarik Perhatian Investor?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 18 Des 2019 14:22 WIB
Startup Seperti Apa yang Bisa Tarik Perhatian Investor? Foto: Internet
Jakarta - Kinesys Group adalah pemodal ventura anyar di Indonesia yang siap menyuntikkan modal kepada startup lokal. Tapi startup seperti apa yang bisa menarik perhatian dan mendapatkan investasi dari mereka?

Managing Partner Kinesys Group, Steven Vanada mengatakan ada tiga kriteria utama yang mereka cari dari startup.

"Founder yang paling penting, apakah mereka mengerti sektor itu, apa mereka punya visi dan seperti apa komposisi founder-nya. Itu nomor satu," kata Steven saat ditemui detikINET di Jakarta, Selasa (17/12/2019).



Kriteria kedua adalah sebesar apa pasar yang digeluti startup tersebut. Menurut Steven, semakin besar pasarnya, semakin besar kemungkinan startup untuk berkembang menjadi lebih besar.

Sedangkan kriteria ketiga adalah apakah startup tersebut bisa menawarkan sesuatu yang disruptif dan inovatif. Startup yang inovatif akan menjadi kunci karena persaingan industri startup yang diprediksi meningkat di tahun 2020.

"Tantangan baru untuk tahun depan adalah akan ada lebih banyak kompetisi. Karena dengan lebih banyak suplai uang, akan ada lebih banyak entrepreneur, startup baru akan muncul," jelasnya.



Saat ini Kinesys Group menargetkan total investasi sebesar USD 20 juta. Mereka telah menyuntikkan dana kepada lima startup yaitu Zenius (bimbel online), Wahyoo (warteg digital), Goola (kuliner), Recharge (penyewaan powerbank) dan Umma (platform komunitas Muslim).

Simak Video "Sejumlah Kementerian Bakal Duduk Bareng Bahas Tuntas Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)