Ramai-ramai Bersuara #WeStandWithUyghur

Ramai-ramai Bersuara #WeStandWithUyghur

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 17 Des 2019 15:17 WIB
Aksi membela Uighur (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Jagat Twitter hari ini trending dengan tagar #WeStandWithUyghur. Masalah apakah ini sebenarnya?

Pantauan detikINET, Selasa (18/12/2019) trending topic Twitter di Indonesia diramaikan dengan #WeStandWithUyghur yang ada di posisi 2 di bawah #4niesCuciTangan. Ada 99.700 ribu tweet soal Uighur ini.

Isu Uighur ini adalah masalah politik antara pemerintah China yang melakukan diskriminasi terhadap masyarakat Muslim Uighur dan sudah berlangsung bertahun-tahun. Setiap ada kejadian baru terkait konflik ini, biasanya netizen bereaksi membela Uighur.


Untuk kejadian terbaru, itu dipicu oleh kejadian beredarnya dokumen yang mengungkapkan kamp penahanan massal etnis Uighur yang dilansir New York Times dan segera jadi pemberitaan dunia. Di Indonesia, isu Uighur ini juga ikut ramai dan jadi trending topic di Twitter.

Isu ini juga makin ramai ketika pesepakbola Mesut Oezil ikut mengkritik China soal Uighur. China pun membalas pernyataan Oezil, dan makin ramailah di Twitter.

Banyak juga tokoh publik dan politisi yang ikutan meramaikan tagar #WeStandWithUyghur. Sikap netizen Indonesia semuanya membela Uighur atas diskriminasi yang dilakukan pemerintah China.



banyak juga yang memposting foto-foto poster kreatif bertema selamatkan Uighur. Ada juga foto-foto aksi internasional membela Uighur.







Simak Video "Menuai Kritik Warganet, TNI AU Trending di Twitter "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)