Kamis, 12 Des 2019 21:43 WIB

Pendiri Google Diam-diam Bantu Dana Pengembangan Vaksin Flu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Larry Page. Foto: Getty Images Larry Page. Foto: Getty Images
Jakarta - Pendiri dan mantan bos Google Larry Page ternyata diam-diam menggelontorkan dana lewat yayasan amalnya untuk memerangi virus flu.

Ada sejumlah kegiatan yang didanai menggunakan uang Page tersebut, salah satunya adalah pemberian vaksin flu gratis di sejumlah area di Amerika Serikat. Programnya bernama Shoo The Flu, yang mulai mendanai vaksinasi gratis untuk anak TK, SD, dan sampai SMP sejak 2014 lalu.

Lalu ada juga perusahaan kedua bernama Flu Lab, yang menyalurkan dananya lewat Bill & Melinda Gates Foundation Grand Challenge for Universal Influenza Vaccine Development, yang sesuai namanya, bertujuan untuk mengembangkan vaksin flu universal.

Page dan keluarga awalnya menyalurkan langsung sumbangannya itu, namun kemudian mereka membentuk Flu Lab. Flu Lab pun juga menyalurkan sumbangan ke Sabin Vaccine Institute, sebuah lembaga yang bertujuan untuk memperluas cakupan vaksinnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (12/12/2019).


Sebagai informasi, Direktur Shoo the Flu adalah orang yang sama dengan CEO Flu Lab. Dan kabarnya, Shoo the Flu dalam waktu dekat akan pindah ke bawah naungan Flu Lab.

Vaksin flu universal sejak lama adalah target jangka panjang dalam penelitian penyakit. Jika vaksin semacam ini sukses dikembangkan, para peneliti tak perlu lagi menebak jenis flu mana yang akan menyebar pada tahun tertentu, dan tentunya hanya satu jenis vaksin yang dibutuhkan untuk melindungi banyak orang dalam musim flu yang sama.

Sudah ada lusinan kandidat vaksin yang saat ini masih dikembangkan, bahkan sudah ada yang mencapai uji klinis. Namun tampaknya produk final vaksin universal tersebut baru akan tersedia di tahun-tahun mendatang.

Shoo the Flu dan Flu Lab adalah perusahaan privat non profit, yang tak perlu melaporkan pajaknya ke publik. Namun karena pendanaannya berasal dari yayasan amal milik Page yang bernama Carl Victor page Memorial Foundation -- yang harus melaporkan keuangannya ke publik, maka terungkaplah aliran dana dari Page ke dua organisasi itu. Selama 2015 sampai 2017, yayasan milik Page menggelontorkan dana sebesar USD 4,1 juta.

Simak Video "Duo Pendiri Google Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)