Kamis, 12 Des 2019 09:30 WIB

Pentingnya SDM Andal untuk Dukung Ekonomi Digital

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Oli Scarff/Getty Images
Labuan Bajo - Perkembangan ekonomi digital di Indonesia kian pesat. Terbukti dengan munculnya startup unicorn dengan valuasi di atas USD 1 miliar, bahkan sudah ada yang berstatus decacorn. Apa yang perlu dilakukan selanjutnya?

Indonesia diperkirakan meneguk USD 40 miliar pemasukan dari ekonomi Internet tahun ini, dengan rata-rata pertumbuhan diproyeksi 49% per tahun. Dengan pengguna Internet 171 juta jiwa menurut APJII, Indonesia juga negara terdepan soal penetrasi digital di Asia Tenggara.


"Dalam 3 tahun belakangan, Indonesia mengalami pertumbuhan besar dalam ekonomi digital. Indonesia sudah punya 5 unicorn, sama seperti Korea Selatan jumlahnya juga 5," sebut Ken Qijian, VP Public Affairs & Communications Huawei Indonesia.

Seperti diketahui, 5 unicorn tersebut adalah Gojek, Tokopedia, Ovo, Traveloka dan Bukalapak. "Lantas bagaimana caranya mendukung ekonomi digital yang bergerak sangat cepat ini?" tanya Ken, dalam temu media di Labuan Bajo.

Ken Qijian, VP Public Affairs & Communications Huawei IndonesiaKen Qijian, VP Public Affairs & Communications Huawei Indonesia Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET

Salah satu yang penting dipersiapkan adalah Sumber Daya Manusia atau SDM. Menurut Ken, mengandalkan universitas saja tak cukup. Maka Huawei coba berperan dengan mengadakan pelatihan SDM di bawah program SmartGen.

"Ke depannya, Huawei akan terus menciptakan SDM TIK menuju 100.000 Indonesia Digital Leader sebagai bagian program strategis Huawei di bidang pengembangan SDM TIK di Indonesia," sebut Ken.


Huawei menggelar serangkaian program sertifikasi, pelatihan, dan alih pengetahuan yang menyasar hingga 12.000 insinyur, 3.000 siswa dari berbagai jurusan terkait TIK, serta ICT Competition buat mahasiswa.

Mereka juga mengadakan pelatihan yang diikuti sekitar 1.000 profesional di bidang TIK setiap tahunnya, yang berasal dari berbagai institusi, baik pemerintahan maupun mitra-mitraHuawei di industri.

Pentingnya SDM Andal untuk Dukung Ekonomi Digital



Simak Video "adv huawei"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)