Rabu, 11 Des 2019 19:13 WIB

Pemerintah Galang Dukungan Generasi Muda Indonesia Melalui TikTok

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Dok. TikTok Foto: Dok. TikTok
Jakarta - Sebagai destinasi video singkat, TikTok menjadi pilihan beberapa institusi pemerintah untuk menggalang dukungan generasi muda dalam memberikan dampak positif bagi Indonesia. Sejumlah kampanye pun dibuat agar memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk berkontribusi pada bangsa.

"Melalui kerja sama dengan berbagai institusi pemerintah, TikTok ingin menginspirasi dan mengajak generasi muda untuk memberikan dampak positif bagi Indonesia," kata Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik untuk Indonesia, Malaysia, Filipina dalam keterangan tertulis, Rabu (11/12/2019).

Apa saja bentuk kerja sama TikTok dengan pemerintah Indonesia?

Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika luncurkan #AyoBersatu

Untuk menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang jatuh pada tanggal 17 April 2019, TikTok bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk hashtag challenge #AyoBersatu. Di challenge ini, TikTok dan beberapa komikus lokal seperti Rizki Gini, L. Laste Atmaji, dan Dhimas Adi Nugraha meluncurkan beberapa stiker komik lucu, interaktif dan penuh pesan yang bertujuan untuk menyatukan rakyat Indonesia dan mengesampingkan perbedaan, keyakinan politik, dan lainnya. Hashtag challenge ini mendapatkan paling tidak 2,4 juta views.


Kementerian Pariwisata dan TikTok Luncurkan #WonderfulIndonesia

Pada 10 April 2019, Kementerian Pariwisata Indonesia resmi menunjuk TikTok sebagai co-branding platform untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia dengan menyingkap dan menemukan kembali keindahan yang ditawarkan Indonesia, melalui program TikTok Travel.

Program ini terdiri dari berbagai kegiatan online seperti tantangan online, filter, stiker menarik dan kegiatan offline yaitu roadshow di seluruh Indonesia. Bahkan, Kementerian Pariwisata Indonesia juga mengharapkan keterlibatan TikTok sebagai co-branding social media untuk kampanye #WonderfulIndonesia bisa membawa wisatawan milenial menikmati wisata Indonesia.Hashtag challenge ini dapatkan 18,3 juta views.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Bersama TikTok luncurkan #EkspresiMerdeka

TikTok bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga merayakan kemerdekaan dengan berbagai kegiatan menarik, yang terdiri dari kegiatan online dan offline. Untuk kegiatan online, TikTok mengadakan tantangan #IndonesiaBanget dan #MenariUntukBangsa sebagai menunjukkan kecintaan pengguna TikTok terhadap kekayaan Indonesia, termasuk budaya serta tarian.

Tiktok Ekspresi Merdeka EventTiktok Ekspresi Merdeka Event Foto: Dok. TikTok

Selain itu, TikTok mengajak creator-kreator di 6 kota lainnya yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Lombok dan Balikpapan mengadakan perlombaan tradisional. Sementara khusus di Jakarta, 400 kreator TikTok berkumpul dan melakukan upacara bendera sebagai wujud cinta terhadap Tanah Air. Hashtag challenge ini dapatkan 75,2 juta views.


Dinas Pariwisata Kota Medan dan TikTok Luncurkan #ColorfulMedan

Dinas Pariwisata Kota Medan juga menggandeng TikTok untuk meluncurkan kampanye bertajuk #ColorfulMedan. Kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata, budaya, dan kuliner di Kota Medan dan sekitarnya, melalui konten video yang kreatif dan positif.

Pada kampanye #ColorfulMedan, TikTok juga berinteraksi langsung dengan generasi muda di Kota Medan untuk mengadakan lokakarya yang dipandu oleh para top kreator TikTok. Selain sharing mengenai cara membuat konten menarik, para top kreator terpilih diajak oleh TikTok Indonesia untuk melakukan city tour di Medan. Hashtag challenge ini dapatkan 29,4 juta views.

Selain hashtag challenge, TikTok juga mengadakan workshop untuk museum-museum di Indonesia pada Hari Museum Nasional di Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak museum menggunakan platform digital interaktif demi menjangkau audiens museum lebih besar.

Adapun akun museum yang sudah bergabung di TikTok adalah Museum Wayang, Museum Tekstil Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta, Museum Maritim, dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.


Pemerintah Galang Dukungan Generasi Muda Indonesia Melalui TikTok


Simak Video "US Navy Blokir TikTok, Apa Alasannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)