Beda Edutech dan Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan

Beda Edutech dan Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan

Nurcholis Maarif - detikInet
Sabtu, 07 Des 2019 13:17 WIB
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Founder Binar Academy, Alamanda Shantika, menyebut ada perbedaan antara pendidikan digital atau edutech dengan penggunaan teknologi dalam pendidikan.

Ia mencontohkan Binar merupakan startup pendidikan yang menggunakan teknologi dan bukan sebaliknya atau startup teknologi yang menjadikan pendidikan sebagai konten.


"Ada perbedaan menurut saya antara edutech dan menggunakan teknologi untuk pendidikan is different," ucapnya saat menjadi panelis di rangkaian Nextdev di JCC Senayan, Jakarta (7/12/2019).

"Binar is education company using technology. Kita memisahkan mana yang harus disampaikan menggunakan teknologi maupun pendekatan human touch," imbuhnya.

Menurut dia, metodologi adalah hal yang penting dalam pendidikan dan bisa disampaikan dengan teknologi.

Beda Edutech dan Penggunaan Teknologi untuk PendidikanFoto: Adi Fida Rahman/detikinet


Namun, peran guru masih tak kalah penting sebagai fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan karena ada hubungan antara manusia di dalamnya.

"Apa yang kita bikin dan buat berhubungan dengan manusia. Dari situ mempelajari tadi bagaimana otaknya bekerja. Dari sana kami pikir bukan kurikulum yang penting, tapi lebih metodologi guru menyampaikan di kelas," ujarnya.



"Metodologi disampaikan teknologi, guru sebagai fasilitator dalam penyampaian knowledge," imbuhnya.

Simak Video "Telkomsel The NextDev Summit 2019 Banjir Mentor Top"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)