Selasa, 03 Des 2019 11:59 WIB

Facebook Bikin Alat untuk Migrasi Foto ke Google Photos

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Facebook merilis sebuah fitur baru yang membuat penggunanya bisa memindahkan foto dari Facebook langsung ke Google Photos.

Alat ini adalah bagian dari Data Transfer Project, yang pesertanya antara lain adalah Apple, Google, Microsoft, dan Twitter. Untuk saat ini, Facebook mengakui kalau fitur tersebut baru tersedia untuk Photos, namun nantinya akan tersedia juga untuk layanan lain.

"Selama hampir satu dekade kami membuat orang bisa mengunduh informasi mereka dari Facebook. Alat transfer foto yang mulai kami sebar hari ini berbasis kode yang dikembangkan lewat partisipasi kami dalam proyek open source Data Transfer Project," ujar Steve Satterfield, direktur privasi dan kebijakan publik Facebook.

Fitur baru ini akan berguna untuk pengguna yang tak mem-backup fotonya secara otomatis ke Photos. Karena jika backupnya dilakukan secara otomatis, kemungkinan besar foto-foto yang ada di Facebook sudah ada di Photos.


Namun fitur ini juga bakal berguna untuk orang yang belum lama menggunakan Photos, sehingga banyak foto-foto lama di Facebook yang belum tersimpan di layanan foto milik Google tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (3/12/2019).

Untuk saat ini, fitur tersebut baru tersedia di Irlandia, dan Facebook menjanjikan fitur itu bakal tersedia di seluruh dunia pada pertengahan pertama 2020 mendatang.

Simak Video " Apa Kelebihan Facebook Watch dari Platform Video Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)