Senin, 02 Des 2019 12:32 WIB

Tak Hanya Sukses Usaha Kuliner, Mitra Ini Juga Jadi Pahlawan Gojek

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Dok. Istimewa Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Pada usianya yang ke-9, Gojek mengapresiasi 9 pahlawan ekosistem yang mewakili jutaan mitranya. Salah satu dari kesembilan orang itu adalah Leo Candra Kumara, pemilik grup Baso Aci Juara.

Pria yang akrab disapa Leo ini berhasil menginspirasi banyak orang dengan membuka peluang kerja bagi siapa pun yang dahulunya tidak mampu menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah untuk bekerja di berbagai gerainya.

Sebelum bermitra dengan GoFood, Leo sempat menjalankan usaha Baso Aci Juara dengan hanya menerima pesanan melalui WhatsApp dan mengantar dengan tiga unit motor selama 8 bulan di daerah Jakarta Pusat. Ditambah lagi ia mulai kelabakan saat memenuhi pesanan. Leo sempat mendapat keluhan dari tetangga karena menggunakan lahan mereka untuk dijadikan parkiran bagi motor-motor milik mitra Gojek yang datang untuk memesan.

"Pelan-pelan saya belajar cara untuk handle order, hal-hal operasional, sampai menemukan titik tengah untuk melayani pesanan GoFood dan konsumen yang memesan di tempat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (2/12/2019).


Adanya GoFood juga membantu peningkatan penjualan usaha kulinernya. "Karena sudah mulai melek digital, saya coba dulu aja pakai GoFood. Setelah bekerja sama dengan GoFood, alhamdulillah omzet langsung naik 3 kali lipat pada satu bulan pertama. Yang tadinya cuma Rp 1,5 juta sekarang bisa sampai Rp 4 sampai Rp 5 juta," ujarnya.

Leo merasa sangat terbantu dengan kehadiran GoFood. Selain pendapatannya yang melonjak tinggi, beliau juga menceritakan bahwa GoFood membantu menaikkan brand awareness, membuatkan banner, serta membantu rekap transaksi usaha karena hasil transaksi langsung masuk sesuai dengan jumlahnya ke rekening pemilik usaha.

Selain dari segi bisnis, Leo juga terbantu dengan kehadiran GoFood karena sering kali mendapat ilmu-ilmu pembekalan mengenai manajemen dan operasional. Kini, Leo bisa memperluas bisnisnya hingga 115 cabang dari 3 merek usaha kuliner berbeda yang ia miliki sehingga menjual franchise dari usaha-usaha yang dimilikinya.

Tak hanya ingin menikmati hasil jerih payahnya untuk seorang diri, Leo juga dikenal sebagai pribadi yang suka menolong orang lain. Selain menjadikan orang-orang yang tak berkesempatan untuk menyelesaikan pendidikannya sebagai pegawai, Leo pun juga membantu mereka di bidang kewirausahaan.

"Kita punya visi-misi bukan hanya untuk membuka lowongan, tapi juga entrepreneur. Kenapa di-franchise? Karena untuk menambah kenalan atau relasi supaya mereka bisa jadi pengusaha. Makanya, saya buatkan model-model kemitraan, saya ajarkan strateginya, resep berdagang, manajemen, dan saya pun mendukung bagi siapa pun karyawan yang ingin membuka (usaha) sendiri," cerita Leo.

Leo membuktikan iktikad baiknya dengan membantu dua orang temannya yang dulu bekerja sebagai pegawainya untuk membuka brand sendiri.

"Saya bantuin daftar Gojek juga, ngadain pelatihan ke tim-tim mereka, ke karyawan-karyawan mereka. Saya ajarin juga operasional itu gimana, marketing, branding, dan lain-lain. Manajer-manajernya saya promosiin untuk mengikuti workshop bisnis hingga dimasukkin ke sekolah-sekolah bisnis. Sekali lagi, visi-misi saya bukan hanya mencetak peluang kerja, tapi gimana caranya temen-temen juga bisa menjadi pengusaha," lanjutnya.


Leo juga membantu pengusaha-pengusaha lokal dalam menjalankan bisnisnya dengan cara membeli bahan-bahan baku dari pengusaha-pengusaha lokal. "Semua (bahan-bahan baku) dari pengusaha lokal. Buka (lapangan pekerjaan) untuk ibu-ibu PKK untuk produksi topping, dan lain-lain juga," ujarnya.

Berkat iktikad baiknya ini, Leo terpilih menjadi salah satu dari sembilan pahlawan ekosistem Gojek.

"Kemarin waktu dipilih jadi pahlawan ekosistem, saya seneng banget. Saya bisa naik panggung bersama Co-CEO. Hal itu tidak pernah terbayangkan dari dulu. Dari tahun 2016, saya sering ngikutin Gojek Award, Mitra Gojek Juara, dan acara-acara lainnya. Melihat 'Pisang Goreng Bu Nanik', 'Ayam Pak Gembus', saya berpikir kapan saya bisa juara dan menjadi seperti mereka. Akhirnya pas kemarin terpilih (menjadi salah satu pahlawan ekosistem Gojek), saya betul-betul terharu akhirnya bisa juga naik (panggung bersama dengan orang-orang hebat lainnya)," tutupnya.

Simak Video "Gojek Perangi Sampah Plastik, KLHK: Semoga Bisa Menginspirasi yang Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)