Kamis, 28 Nov 2019 13:37 WIB

Dompet Digital Bikin Boros, Mitos atau Fakta?

Uji Sukma Medianti - detikInet
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Saat ini sudah banyak dompet digital yang ada di Indonesia. Keberadaan dompet digital ini tak lepas dari perkembangan teknologi yang terus mendorong penggunaan cashless di segala transaksi. Seiring dengan bertambahnya pengguna dompet digital, ada beberapa mitos yang terbentuk dari opini para pengguna.

Dompet Digital Bikin Boros

Mitos:
Kemudahan yang diberikan oleh dompet digital membuat para pengguna kerap lepas kontrol.

Fakta:
Dompet digital sama dengan dompet biasa. Boros tidaknya tergantung pada cara kita mengatur keuangan. Bahkan dengan menggunakan dompet digital kita bisa diuntungkan dengan promo-promo yang diberikan. Namun dengan catatan, gunakan promo sesuai dengan kebutuhan, bukan karena lapar mata.


Makin Banyak Dompet Digital Makin Untung

Mitos:
Orang sering menyangka menggunakan lebih dari satu dompet digital akan semakin menguntungkan.

Fakta:
Mitos ini memang benar adanya. Kamu bisa membuat pengeluaranmu menjadi lebih untung jika kamu tahu cara menyiasati penggunaan dompet digital. Sebab, kamu jadi punya alternatif pembayaran yang bisa memberikanmu diskon atau cashback sebesar mungkin. Hal ini dikarenakan, setiap dompet digital menawarkan promo yang berbeda-beda. Semakin banyak promo yang ditawarkan akan semakin banyak godaan untuk membeli promo-promo tersebut.

Padahal, cukup punya satu dompet digital kamu bisa maksimalkan beragam fitur seperti kemudahan untuk transaksi, kirim uang, pembelian pulsa, bayar tagihan dan transaksi e-commerce.

Top Up Sekali Pas Gajian

Mitos:
Bagi sebagian orang, hari gajian menjadi harinya 'bayar-bayar'. Bayar cicilan, bayar utang ke teman, bayar kosan atau bahkan top up dompet digital biar sekalian.

Fakta:
Gaya top up juga punya pengaruh. Hal seperti menjadi penting lantaran kamu harus tertib dan disiplin kepada keluar masuknya uang penghasilanmu. Adapun, yang terpenting adalah kamu bijak mengatur pengeluaran.

Terlebih, sekarang sudah ada aplikasi dompet digital yang dapat melakukan top up dengan mudah langsung dari kartu debitmu tanpa biaya top up. Bahkan ada dompet digital yang membuatmu tak perlu repot top up karena bisa langsung transaksi dengan kartu debit atau kartu kredit yang tersimpan di dompet digital tersebut.

Sulit Membuat Catatan Pengeluaran

Mitos:
Pencatatan belanja menjadi salah satu hal terpenting untuk mengontrol pengeluaran. Tapi enggak semua orang rajin nyatet, bahkan sering lupa apa aja yang udah dibelanjain selama sepekan atau sebulan terakhir.

Fakta:
Semua transaksi di dompet digital akan tercatat dengan baik di histori aplikasi kamu. Jadi kalau lupa, bisa cek dan menghitung-hitung lagi supaya lebih bijak dalam belanja.


Nah, jadi memakai dompet digital itu belum tentu boros. Hal tersebut tergantung pada pemakai dan cara kita mengatur uang yang ada di dalam dompet digital. Supaya kamu tak terjebak dalam mitos-mitos tersebut, gunakan satu saja dompet digital yang baik dan praktis seperti DANA.

Dengan menggunakan DANA beragam pembayaran jadi lebih praktis, banyak promo menarik, selain itu kamu juga bisa membayar asuransi, tagihan listrik, sampai membayar zakat dan masih banyak lagi. DANA juga memberikan kemudahan-kemudahan transaksi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk coba kemudahan DANA, dompet digital Indonesia sekarang.

Simak Video "3 Aplikasi Ini Bisa Menyadap WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)