Selasa, 26 Nov 2019 19:17 WIB

Momen Hari Guru, TikTok Ajak Pengguna Bikin Konten Edukatif

Yakob Arfin - detikInet
Foto: Dok. TikTok
Jakarta - Memperingati Hari Guru Nasional, TikTok meluncurkan tantangan terbaru #BelajarBareng, yang dimulai pada 25 November sampai dengan 5 Desember 2019. Melalui kampanye ini TikTok mengundang para kreator untuk berbagi konten edukatif serta berbasis pengetahuan yang dapat menginspirasi pengguna lainnya.

Head of Content and Users Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan teknologi mampu mendorong setiap orang untuk saling memberi inspirasi.

"Di TikTok, kami percaya teknologi bukan hanya dapat memberdayakan kreativitas, namun juga mendorong orang untuk saling memberikan inspirasi. Melalui #BelajarBareng, kami ingin mengundang kreator TikTok dan para mitra untuk berbagi konten berbasis pengetahuan dalam bentuk video singkat di platform ini," kata Angga dalam keterangannya, Selasa (26/11/2019).


Berdasarkan studi yang dilakukan TikTok dan YouGov menunjukkan orang Indonesia percaya bahwa kreator konten akan menjadi lebih penting lagi di masa depan. Bahkan, 60% dari mereka melihat kreator konten sebagai sumber inspirasi.

Dalam kampanye #BelajarBareng ini, TikTok berkolaborasi dengan sejumlah mitra dari perusahaan teknologi pendidikan termasuk Superprof, platform untuk kursus privat yang tersedia di 22 negara dan 9 bahasa.

Country Manager Superprof Indonesia Kurniawan menilai pendidikan berbasis digital menjadi alat yang penting, di mana aplikasi seperti TikTok dapat menyediakan pengalaman belajar yang kaya.

"Pendidikan berbasis digital menjadi alat yang penting dalam keseluruhan kerangka edukasi untuk mendukung pendekatan pembelajaran yang baru dan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif di negara ini," Kata Kurniawan.

Ia pun mengungkapkan platform seperti TikTok secara efektif mengoptimalkan kesempatan belajar, karena menawarkan akses untuk berbagai alat, dalam satu aplikasi, sehingga menyediakan pengalaman belajar yang kaya.

"Kami sangat bersemangat bisa mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan TikTok dalam inisiatif ini," ungkapnya.

Sementara itu Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal memilih menggunakan platform TikTok untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata Kabupaten Tegal dan juga kebudayaan, termasuk bahasa dialek 'Tegalan'.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal Suharinto menyebutkan pihaknya bermitra dengan TikTok untuk mempromosikan bahasa lokal kami melalui video pendek.

"Dengan keragaman di Indonesia yang menawarkan beragam budaya dan bahasa, kami ingin menunjukkan kepada generasi muda tentang betapa menyenangkannya belajar bahasa. Itulah sebabnya kami bermitra dengan TikTok untuk mempromosikan bahasa lokal kami melalui video pendek," ungkapnya.

Selain Superprof, #BelajarBareng juga bekerja sama dengan sejumlah institusi antara lain Cakapcom yang mengajar berbagai bahasa, The British Institute memberikan pengenalan bahasa Inggris, detikcom yang berbagi trik-trik sederhana untuk sehari-hari, dan JagatReview yang menggunakan akunnya untuk menyediakan tips teknologi dan masih banyak lagi.

"Selain berbagi hasil-hasil karya, saya senang bisa berbagi tips dan trik kepada pengguna lain atau penikmat fotografi melalui TikTok," kata Barry Kusuma, salah satu kreator TikTok yang menggunakan akunnya juga untuk berbagi tips dalam fotografi. Untuk mengikuti tantangan tagar ini, pengguna dapat membuat video berdurasi 15 detik hingga 60 detik menggunakan alat editing yang dapat diakses di aplikasi TikTok dan memakai tagar #BelajarBareng.

Siap untuk mendapatkan inspirasi dari #BelajarBareng? Unduh TikTok di iOS dan Google Play.

Simak Video "Pensiun Main TikTok, Ini Kesibukan Bowo Alpenliebe"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)